in

Besok, Loverbird-Mania Ramaikan Imam Bonjol

Beauty Contest Lovebird Pertama di Sumbar

Ini khabar gembira bagi kicaumania, terutama pencinta lovebird. Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Koordinator Wilayah (Korwil) Sumbar akan menggelar Lomba Burung Berkicau (singing) dan Beauty Contest Lovebird di Ruangan Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Padang, Minggu (9/7) besok.

“Kami memprediksi sekitar 1.000 an peserta akan mengikuti kategori singing, dan 100 peserta akan berlomba di kategori Beauty Contest Lovebird. Hingga Jumat (7/7) ini, jumlah peserta sudah mendekati yang kami perkirakan,” kata Ketua Pelaksana Lomba KLI Korwil Sumbar Cup I, Nanda Danche kepada Padang Ekspres, di Padang, kemarin. 

Khusus kategori Beauty Contest Lovebird merupakan yang pertama di Sumbar. Sesuai kategorinya, yang menjadi penilaian adalah keindahan burung. Ada sembilan bagian yang dinilai, yaitu kelapa, dada/ekor, punggung, sayap, warna, harmonisasi, kondisi, ukuran, dan tingkah laku. “Baru beberapa daerah saja di Indonesia pernah mengadakan lomba untuk kategori Beauty Contest Lovebird ini. Nah, kita berharap ke depan di Sumbar bakal lahir iven-iven serupa,” ungkap Nanda.

Pria yang juga Ketua KLI Korwil Sumbar itu menambahkan, kegiatan tersebut selain wadah silaturahmi para kicaumania dan pecinta lovebird se-Sumbar umumnya, juga sekaligus untuk melestarikan dan mengenalkan burung lovebird kepada masyarakat. 

“Yang terpenting lagi adalah menggairahkan dan memotovasi peternak lovebird, bahwa memilihara lovebird tidak hanya sekadar menyalurkan hobi, tapi juga menjadi sumber pendapatan ekonomi. Dengan demikian, dengan sendirinya lapangan pekerjaan akan terbuka,” ungkap Nanda.

Pada kegiatan besok, juga akan hadir Presiden Komunitas Lovebird Indonesia Ben KLI, Master Lovebird Indonesia dari pulau Jawa, Abah Aji Abdullah Syah dan Juna Vino, serta sejumlah breeder di Inonesia. “Untuk dewan juri berasal dari Jakarta dan juri lokal Sumbar,” ujar Nanda. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Kabel Laut Bangka-Sumsel Bikin Listrik di Muntok Semakin Terang Benderang

Ekowisata Pantai Solop Riau Kembali Menggeliat