Beranda Nasional BKSDA Evakuasi Anak Gajah Terkena Jerat di Pidie ke Saree

BKSDA Evakuasi Anak Gajah Terkena Jerat di Pidie ke Saree

372
0
BERBAGI
BKSDA Evakuasi Anak Gajah Terkena Jerat ke Saree (Foto: Ist)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melakukan evakuasi seekor anak gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) ke Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo menyampaikan petugas memberangkatkan anak gajah yang terkena jerat di Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie tersebut pada Pukul 21.45 Wib menuju Sare.

Sapto menjelaskan Tim BKSDA Aceh yang dipimpin Kepala Seksi Wilayah I Dedi Irvansyah, dibantu tim dokter dari PKSL Unsyiah, baru tiba di lokasi pukul 19.45 dikarenakan tim membawa truck gajah sehingga tidak dapat berjalan cepat, serta sempat mengalami hambatan di jalan.

“Evakuasi anak gajah yang terluka cukup parah di kaki kiri depan karena jerat ini ke atas truk baru selesai pukul 21.30. Tim diperkirakan akan sampai di Sare pada pukul 01.00 dini hari,” kata Sapto melalui pesan WhasApps, Rabu Malam (2/5/2018).

Seperti disampaikan sebelumnya, tambah Sapto anak gajah berjenis kelamin betina berusia sekitar 1 tahun, terjerat di hutan dan ditinggalkan rombongannya, kemudian dievakuasi warga ke pinggir perkampungan tadi pagi sekitar pukul 10.00.

Warga selanjutnya melapor ke CRU Manee dan pukul 11 laporan sampai ke BKSDA Resort Pidie. Kondisi anak gajah cukup stabil, namun sedikit stress karena kerumunan warga. “Anak gajah selanjutnya akan dirawat secara intensif di PKG Saree,” tuturnya. []

Komentar