in

Boy Rafli Promosi jadi Kapolda Papua

Polri Mutasi 127 Perwira

Wajah Irjen Boy Rafli bakal jarang muncul di koran maupun televisi. Kemarin (18/4), dia menjadi salah seorang perwira tinggi (Pati) yang mengalami mutasi. Jika sebelumnya menjabat Kepala Divisi Humas Mabes Polri, berikutnya akan promosi sebagai Kapolda Papua. 

Selain Papua, total ada lima Polda lain yang mengalami pergantian pimpinan. Yakni, Bengkulu, Jambi, Maluku, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Itu sesuai dengan surat telegram Kapolri nomor ST/1034/V/2017 tertanggal 18 April 2017. Total ada 127 perwira yang dimutasi ke jabatan baru.

Boy Rafli yang putra Kotogadang, Agam itu, menggantikan posisi Irjen Paulus Waterpauw. Paulus selanjutnya menjabat Wakabaintelkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Boy Rafli akan diisi oleh Setyo Wasisto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri. 

Brigjen Coki Manurung adalah pati lain yang mendapatkan jabatan baru. Dia akan menjabat Kapolda Bengkulu menggantikan Brigjen Yovianes. Yovianes digeser menjadi Sahlijemen Kapolri. 

Berikutnya, Brigjen Priyo Widyatmo menjadi Kapolda Jambi. Brigjen Erwin Triwanto digeser dari Kapolda Kalsel menjadi Kapolda Kalbar. Sementara Brigjen Rachmat Mulyana menggantikan Erwin Triwanto menjadi Kapolda Kalsel. 

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Mabes Polri Kombespol Martinus Sitompul membenarkan pergeseran sejumlah perwira tinggi dan menengah tersebut. “Memang ada mutasi,” ujarnya.

Mutasi tersebut ditujukan agar kinerja kepolisian menjadi lebih baik. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih terasa. “Harapannya kinerja menjadi lebih baik,” tuturnya. 

Untuk rencana serah terima jabatan (Sertijab) resmi, Martinus mengaku belum mengetahuinya. “Belum ya soal sertijab,” jelas mantan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya tersebut. 

Boy Rafli menjadi salah satu sosok paling populer dalam gerbong mutasi kali ini. Sebagai Kadiv Humas, perwira berusia 52 tahun itu “rajin” muncul di media. Gayanya yang lugas membuat dia humas yang disukai para wartawan.

Jabatan Kapolda bukan kali ini saja didapatkan mantan Kapolresta Padang itu. Sebelumnya, dia pernah menjabat Kapolda Banten selama 2014-2016. Sebelum itu, dia menjabat Karopenmas pada 2012-2014. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Dahlan Benahi PT PWUmeski Sedang Sakit

Penembakan di Lubuklinggau, Kapolda Akan Tindak Tegas Anggota