in

BPBD OKU edukasi masyarakat tidak bakar sampah mencegah karhutla

Baturaja (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan mengedukasi masyarakat agar tidak membakar sampah di area pekarangan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang rentan terjadi saat musim kemarau.

“Edukasi melalui sosialisasi selalu kami sampaikan kepada masyarakat,” kata Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Senin.

Menurut dia, kejadian kebakaran lahan pada musim kemarau cenderung meningkat. Faktor penyebab kebakaran tertinggi karena kelalaian saat pembakaran sampah yang merembet ke lahan pertanian hingga memicu karhutla.
 

Berdasarkan data selama Agustus-September 2023, pihaknya mencatat sebanyak lima kasus karhutla, yaitu di Bukit Pelangi, lahan kosong di Desa Terusan, Desa Air Paoh, Desa Tuboan, dan Lengkiti.

Sebagai instansi pemerintah yang memiliki fungsi dalam penanggulangan kejadian karhutla, BPBD hanya berwenang memberikan imbauan dan penanganan.

Ia mengatakan sebagai upaya penanggulangan pihaknya telah membentuk posko di setiap kecamatan untuk menanggulangi karhutla sedini mungkin.

What do you think?

Written by Julliana Elora

PSPS siap habis-habisan

Hadiri Silaturahmi Bersama Dengan Anies Baswedan , Ini Tanggapan Caleg DPR RI Nasdem Renny Astuti