in ,

Bruce Willis Menderita Demensia Frontotemporal, Bagaimana Riwayat Penyakit Ini?

Hampir setahun setelah keluarga Bruce Willis mengumumkan bahwa dia akan mundur dari dunia akting setelah didiagnosis menderita afasia, keluarganya mengatakan kondisinya telah berkembang.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting Kamis (16/2/2023), keluarga aktor berusia 67 tahun itu mengatakan Willis memiliki diagnosis demensia frontotemporal yang lebih spesifik.

“Meskipun ini menyakitkan, lega akhirnya memiliki diagnosis yang jelas,” bunyi pernyataan itu. “FTD adalah penyakit kejam yang belum pernah kita dengar dan bisa menyerang siapa saja,” tulis postingan yang dilansir New Straits Times dan NPR.

Maret lalu, keluarga Willis mengatakan afasia yang dideritanya telah memengaruhi kemampuan kognitifnya.

Kondisi tersebut menyebabkan hilangnya kemampuan untuk memahami atau mengungkapkan ucapan.

Dalam pernyataan Kamis, keluarganya mengatakan tantangan komunikasi hanyalah salah satu gejala demensia frontotemporal.

The Association for Frontotemporal Degeneration menggambarkan FTD sebagai sekelompok gangguan otak yang disebabkan oleh degenerasi lobus frontal dan/atau temporal otak yang memengaruhi perilaku, bahasa, dan gerakan.

Afasia bisa menjadi gejalanya. Asosiasi tersebut menggambarkan degenerasi frontotemporal sebagai penurunan fungsi yang tak terelakkan, dengan harapan hidup rata-rata tujuh hingga 13 tahun setelah timbulnya gejala.

“Saat ini tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, kenyataan yang kami harap dapat berubah di tahun-tahun mendatang,” demikian pernyataan keluarga, menambahkan bahwa perlu waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. “Seiring dengan kemajuan kondisi Bruce, kami berharap bahwa setiap perhatian media dapat difokuskan untuk menyinari penyakit ini yang membutuhkan lebih banyak kesadaran dan penelitian.”

Pernyataan itu diposting di situs web Association for Frontotemporal Degeneration dan ditandatangani oleh istri Willis, Emma Heming Willis, mantan istrinya Demi Moore, dan kelima anaknya, Rumer, Scout, Tallulah, Mabel, dan Evelyn.

Selama karir empat dekade, film-film Willis telah menghasilkan lebih dari USD5 miliar di box office seluruh dunia. Sementara dicintai untuk hits seperti “Die Hard” dan “The Sixth Sense,” aktor produktif dalam beberapa tahun terakhir terutama tampil dalam film thriller direct-to-video.

“Bruce selalu menemukan kegembiraan dalam hidup, dan telah membantu semua orang yang dia kenal untuk melakukan hal yang sama,” kata keluarga tersebut. “Itu sangat berarti bagi dunia untuk melihat bahwa rasa kepedulian bergema kembali kepadanya dan kepada kita semua. Kami sangat tersentuh oleh cinta yang kalian semua bagikan untuk suami, ayah, dan teman tersayang kami selama masa sulit ini. Kelanjutan Anda kasih sayang, pengertian, dan rasa hormat akan memungkinkan kita untuk membantu Bruce menjalani kehidupan seutuhnya.”

Apa itu demensia frontotemporal?

“Demensia frontotemporal, juga dikenal sebagai FTD, adalah salah satu dari beberapa jenis demensia dan menyebabkan kerusakan saraf di lobus frontal dan temporal, yang menyebabkan hilangnya fungsi di area tersebut,” menurut Asosiasi Alzheimer.

Ada berbagai jenis demensia frontotemporal. Demensia frontotemporal varian perilaku menyebabkan hilangnya saraf di area otak yang mengontrol empati, penilaian, dan perilaku.

Afasia progresif primer merusak bagian otak yang mengontrol berbicara, menulis, dan pemahaman. Timbulnya gejala biasanya dimulai sebelum usia 65 tahun, tetapi dapat terjadi kemudian.

FTD juga dapat mengganggu fungsi dan gerakan motorik, yang dapat diklasifikasikan sebagai penyakit Lou Gehrig, juga dikenal sebagai ALS.

Perbedaan FTD dengan Alzheimer?

Diagnosis FTD cenderung terjadi antara seseorang berusia 40-an dan 60-an, sedangkan Alzheimer terjadi pada usia yang lebih tua. Alzheimer juga lebih erat terkait dengan halusinasi, kehilangan ingatan, dan masalah dengan orientasi spasial, seperti tersesat.

Pengobatan dan Diagnosis

Dokter menggunakan teknologi pencitraan otak, seperti MRI, untuk mendiagnosis FTD. Hasilnya dianalisis bersamaan dengan riwayat dan gejala medis pasien. Sekitar 30% orang dengan degenerasi frontotemporal mewarisi penyakit ini; tidak ada faktor risiko yang diketahui.

Ada obat-obatan yang dapat membantu meredakan gejala, tetapi penyakit ini akhirnya memburuk seiring berjalannya waktu.(net/npr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Elnusa Petrofin Raih Indonesia Best Companies in HSE Implementation 2023

Epson Luncurkan Printer Bisnis Multifungsi, Inovasi Produk Ramah Lingkungan