in

BTS gambarkan kesedihan saat pandemi dalam “Life Goes On”

Jakarta (ANTARA) – Grup band K-pop BTS merilis album terbaru BE berbarengan dengan video musik lagu utama mereka yakni “Life Goes On”, pada Jumat (20/11).

Video klip nyaris empat menit itu disutradarai oleh anggota termuda BTS, Jungkook (23). Video klip menggambarkan kebersamaan para anggota BTS yang menghabiskan waktu bersama saat pandemi COVID-19.

Video dimulai dengan kehadiran satu per satu anggota BTS di pagi hari seperti Jungkook yang baru bangun tidur, Jimin tengah menyikat gigi, serta RM yang sedang menikmati pagi. Dia menyadari sepeda di sampingnya yang sepertinya lama tak digunakan.

Mereka lantas menikmati waktu bersama-sama di ruang tengah, pesta piyama, bermain gim sambil makan pizza.

Mereka kemudian keluar dan terlihat tampil di atas panggung membawakan lagu “Life Goes On” dengan latar belakang kursi-kursi kosong, tanpa kehadiran ARMY di sana.

Video tersebut menggambarkan pesan yang selama ini disampaikan BTS bahwa pandemi benar-benar terjadi dan berdampak bagi semua orang dan kalangan termasuk mereka.

“Emosi yang ingin kuekspresikan adalah kesedihan dan kerinduan yang terasa karena tur dibatalkan karena COVID-19 dan karena kita tidak bisa bertemu ARMY,” kata Jungkook dikutip dari Billboard pada Sabtu.

Jungkook mengedit banyak klip pendek dari vlog serial perjalanan mereka Golden Closet Film (G.C.F).

Tur “Map of the Soul: 7” BTS dibatalkan pada April karena pandemi

“Life Goes On” adalah pesan lanjutan mengenai pandemi. Jika “Dynamite” merupakan disco-pop yang membagikan pesan kegembiraan dan upaya tetap bahagia di saat menghadapi masa sulit, maka “Life Goes On” berpesan hidup harus terus berjalan meski dunia terlihat sedang berhenti.

“Pesan inti dari lagu ini simpel dan jelas, bahwa hidup tetap harus lanjut. Kami mengungkap fakta yang jelas namun tegas dalam bahasa kami sendiri dengan bobot, kelembutan, dan kekokohan yang sedikit lebih banyak,” kata RM, yang ikut menciptakan lagu bersama Suga dan J-Hope.

Baca juga: BTS resmi rilis album “BE”

Baca juga: BTS hadirkan cuplikan video “Life Goes On” jelang album “BE” dirilis

Baca juga: BTS borong 4 penghargaan di People’s Choice Awards

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kemenpora dorong peralatan panahan dalam negeri bersertifikat

Sukarni Bersyukur, Berkat Program JKN-KIS Anaknya Tertolong