in

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Varises

Sebagaimana telah diuraikan dan dibahas di atas, varises itu adalah suatu penyakit yang menyerang dan terjadi di bagian kaki manusia. Sering kali kita temukan, seorang pemuda ataupun pemudi amat mengkhawatirkan terkena penyakit ini. Umumnya kita sering melihat seorang anak yang baru lulus SMA akan cemas bila terkena penyakit varises. Apalagi anak tersebut berkeinginan untuk mengikuti proses seleksi Bintara Polisi. Salah satu penyebab seseorang, gagal tembus seleksi kesehatan, pada proses penerimaan Bintara POLRI adalah dikarenakan mengidap varises. Chek up ke dokter memang memerlukan biaya mahal. Namun jangan khawatir pada ulasan ini akan dibahas juga mengenai bagaimana cara penanganan untuk dapat menyembuhkan penyakit ini.

Penyakit varises ini sering kali terjadi pada manusia bila sudah memasuki usia tua. Penyebab penyakit ini disebabkan diantaranya karena, sering menggunakan sepatu berhak tinggi, obesitas, sering atau terbiasa berdiri dalam durasi yang lama, atau juga bisa dikarenakan faktor genetika keturunan. Pertanda seseorang yang mengidap penyakit varises, adalah ditandai dengan adanya benjolan atau guratan garis melingkar di sekitaran kaki yang terbentuk menyerupai urat nadi.

Secara ilmiah dan ilmu kesehatan tubuh, penyakit varises ini disebabkan karena jarak yang jauh antara jantung dan kaki. Adapun jantung sendiri seperti kita ketahui adalah organ tubuh yang bertugas untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh manusia. Ketika menyalurkan darah dari jantung ke kaki, memanglah alurlnya tidak melawan gravitasi, sehingga membuat aliran darah ini menjadi normal mengalir. Namun ketika darah kembali dari kaki ke jantung, barulah pembuluh darah ini bersikap seolah-olah lebih ekstra, dikarenakan proses alur darah ini mengalir melawan arus gravitasi.

Timbulnya penyakit varises bisa juga ditandai dengan gejala seperti nyeri, ulseri, dan gatal-gatal. Untuk menghilangkan penyakit varises ini memang bisa dilakukan dengan menggunakan laser atau suntikan kimia. Orang yang berhak dan mahir dalam melakukan suntikan kimia maupun laser ini, tentunya adalah tenaga medis, yaitu dokter. Namun penyakit ini bisa juga disembuhkan secara alami tanpa harus datang dan membayar biaya dokter. Bagaimana caranya? Cukup hilangkan dan musnahkan varises yang ada di kaki atau tubuhmu, dengan melakukan cara di bawah ini.

Cabai

Menurut para pakar kesehatan maupun ilmuwan kesehatan, cabai adalah tanaman yang kaya, akan vitamin c dan juga kaya akan sumber flavonoid. Kedua senyawa yang ada di tanaman cabai ini, berfungsi untuk melindungi tubuh, khususnya pembuluh darah, dari segala serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin yang ada di dalam cabai, juga berfungsi untuk membentuk kolagen, yang notabene kolagen ini nantinya akan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Di dalam tanaman cabai, selaian terdapat kandungan senyawa flavonoid dan vitamin C, terdapat pula senyawa lain yang penting unutk kesehatan tubuh. Senyawa ini adalah capsaicin. Adapun fungsi dari senyawa capsaicin ini adalah berfungsi untuk mengencerkan darah. Senyawa capsaicin itu sendiri, memiliki banyak kandungan yang bersifat anti inflamasi, dan sifat analgesik.

Lalu bagaimana cara pemakaian atau konsumsi cabai, yang baik untuk mengobati penyakit varises? Untuk mengatasi rasa nyeri maupun gatal di sekitar kaki, kalian bisa melakukan dengan mengolesi cabai rawit yang telah ditumbuk halus. Lalu bubuk cabai rawit yang telah ditumbuk halus ini, olesi ke bagian kaki yang mengalami varises. Pengolesan bubuk cabai rawit ke kaki ini ditujukan unutk meningkatkan sirkulasi darah di bagian kaki. Mengenai banyaknya cabai rait yang harus ditumbuk adalah bisa sesuai selera. Namun dianjurkan cukup ½ sendok teh saja.

Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai media pengobatan penyakit varises. Caranya pun cukup smpel. Ambil beberapa siung bawang putih di dapur, kira-kira sebanyak 5-6 siung. Lalu kemudian bawang putih tersebut dicincang hingga halus. Masukkan cincangan bawang putih ini kedalam toples, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis sebanyak 3 buah jeruk dan jangan lupa tambahkan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan. Setelah semua bahan ini tercampur di dalam toples, jangan lupa tutup toplesmu secara rapat, selama kurang lebih 12 jam.

Kemudian bila dirasa sudah 12 jam bahan ini berada di dalam toples, olesi bahan tersbut ke bagian kaki, sebelum diolesi ada baiknya toples ini dikocok terlebih dahulu. Ketika mengolesi atau menggosokkan ke kaki sangat dianjurkan dilakukan pada waktu malam hari. Setelah selesai ambillah handuk, kemudian gosokkan kaki yang sudah dilumuri bahan-bahan tadi.

Jangan Sering Menggunakan Sepatu Berhak Tinggi

Selain bisa diobati, penyakit varises ini bisa dihindari. Sepatu berhak atau beralas tingg,i membuat tekanan pembuluh darah vena akan semakin bertambah. Apabila penggunaan sepatu beralas tingggi ini dilakukan secara lama akan berdampak pada membengkaknya areal di sekitaran kaki, sehingga membuat penyakit varises akan muncul. Maka dari itu disarankan untuk tidak menggunakan sepatu beralas tinggi, demi menjaga kesehatan kaki dan menghindari  dari penyakit varises.

Baca Juga: Inilah Manfaat Kolang Kaling yang Anda Belum Ketahui, Cari Tahu Yuk Manfaatnya

Menjaga Berat Badan

Yang dimaksud dengan menjaga berat badan adalah mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Hal ini dilakukan demi menjaga tubuh dan menghindari obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas, menyebabkan seseorang menopang tubuh menjadi lebih berat. Akibatnya pembuluh vena akan membengkak sehingga menyebabkan varises akan muncul.

What do you think?

Written by virgo

Homestay Desa Wisata “Rumah (ku)” Terbangkan Pamor Morotai

Pemerintah siapkan 400 ton benih jagung