in

Cara Memilih Kulkas Tepat di Rumah

Saat memilih kulkas, sebagian keluarga cenderung terburu buru dan hanya mengikuti tren tanpa melihat kebutuhan serta situasi yang dimiliki. Kondisi ini memungkinkan kulkas hanya sekadar menjadi penghias rumah bahkan membuat tagihan listrik bertambah. Sebelum Anda pergi ke toko elektronik dan memilih kulkas ‘cantik’, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulkas bukan sekadar kotak pendingin dan penambah tagihan listrik, seperti dilansir dari CNN Indonesia:

1. Sesuaikan dengan dapur

Punya kulkas besar seperti yang ditunjukkan pada acara memasak di televisi jadi impian sebagian orang. Namun sebelum kepalang beli kulkas ukuran jumbo, coba perhatikan kembali ukuran dapur atau rumah. 

Kondisi dapur yang sempit dan dipenuhi barang  jelas tidak akan mampu memuat kulkas yang besar. Sebuah kulkas harus memiliki ruang yang cukup agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. 

Selain itu perhatikan perabotan lain yang akan ditempatkan dekat kulkas. Jangan sampai pintu kulkas justru menghalagi akses jalan atau lemari penyimpanan lainnya. 

2. Situasi keluarga

Saat membeli kulkas, ada baiknya tentukan terlebih dahulu bujet yang ingin dikeluarkan. Jangan paksakan membeli kulkas dengan bujet yang tidak mencukupi kondisi dompet. 

Selain melihat kondisi keuangan, jumlah keluarga serta kebiasaan makan jadi poin penting lain yang mesti diperhatikan. Semakin besar jumlah keluarga maka akan semakin besar pula bahan makanan yang harus disimpan dalam kulkas. 

3. Lebih banyak pintu, lebih baik

Bagi sebagian orang, punya kulkas dengan satu pintu dirasa lebih praktis. Faktanya, kulkas dengan banyak pintu dinilai lebih baik karena memiliki sirkulasi udara yang tidak terlalu besar.

Parktisi kesehatan Lula Kamal, dalam acara diskusi keluarga di Jakarta, mengatakan sayur serta buah cenderung bersifat sensitif terhadap udara sehingga kebiasaan buka-tutup kulkas dapat meningkatkan peluang kontaminasi udara dan sirkulasi udara menjadi lebih besar. 

Dengan kulkas yang memiliki banyak pintu, Anda dapat menyimpan bahan makanan sensitif pada bagian yang jarang dibuka. 

4. Kelembaban

Meskipun mampu memperpanjang usia bahan makanan, menyimpan makanan terlalu lama dalam kulkas justru dapat menurunkan kualitas bahan. 

Sayur dan buah yang telalu lama disimpan dalam kulkas kerap jadi kering dan berujung di tempat pembuangan. Agar tidak mubazir, ada baiknya pilih kulkas dengan teknologi bukan cuma mendinginkan tapi juga menjaga kelembaban bahan makanan.

5. Daya listrik

Inovasi dan fitur kulkas kerap ‘membutakan’ orang. Padahal pada sebagian kasus, makin canggih fitur akan membutuhkan daya listrik yang tinggi.

Pilihlah kulkas yang tidak terlalu memakan banyak daya karena akan membuat tagihan listrik membengkak. Selain itu, sesuaikan daya listrik kulkas dengan daya listrik yang dipakai di rumah.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Trik Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tahan Lama

Mi Samyang Diduga Kandung Enzim Babi