in

Trik Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tahan Lama

Konsumsi buah dan sayur sudah jadi kewajiban bila ingin tetap memiliki tubuh yang sehat. Agar tak merepotkan diri sendiri, seringkali Anda membeli buah dan sayur dalam jumlah banyak sekaligus. Toh, buah dan sayur ini bisa disimpan dalam kulkas. 

Sayangnya bila tidak mengetahui cara penyimpanan yang benar, buah dan sayur cenderung akan terbuang sia-sia karena membusuk dan tidak layak makan. Ada trik menyimpan sayur dan buah agar tahan lama dan disesuikan dengan masing-masing komoditas.

Buah

1. Apel

Buah berwarna cerah ini memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding buah lain. Meskipun membantu proses pematangan buah, gas etilen yang berlebihan justru dapat mempercepat proses pembusukan. Simpan apel secara terpisah dari buah lainnya agar gas etilen pada apel tidak memicu pembusukan buah lainnya. 

2. Pisang

Bagi Anda yang kerap menyimpan pisang di dalam kulkas, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Menyimpan pisang dalam kulkas dapat mempengaruhi aroma serta rasa pisang. Sebaiknya simpan pisang di suhu ruangan dalam rak penyimpanan atau gantung dalam bentuk sisiran.

3. Nanas

Buah tropis ini dapat disimpan dalam suhu ruang atau lemari pendingin. Namun bila ingin menyimpan nanas di lemari pendingin, sebaiknya lapisi nanas yang telah dikupas dengan plastik. Bahan plastik dapat memperlambat penguapan kadar air dalam nanas.
 
4. Melon

Untuk melon potongan, simpan dalam plastik atau wadah penyimpanan untuk mencegah kontaminasi bau makanan lain. Agar tetap segar, melon juga dapat disimpan dalam tempat yang kering dan gelap.

5. Semangka 

Buah berair ini wajib disimpan dalam kulkas saat sudah dipotong. Membiarkan buah semangka yang dipotong dalam suhu ruang dalam mengubah rasa buah menjadi asam. Saat disimpan dalam kulkas, jangan lupa lapisi semangka dengan plastik atau potong lalu masukan dalam wadah tertutup.

Sayuran

1. Jagung

Sebelum diolah, sebaiknya simpan jagung dalam wadah kering dalam keadaan masih terbungkus kulit luar. Namun jika ingin menyimpan jagung dalam waktu yang lama, sayuran ini dapat dibekukan dalam lemari pembeku. Jagung yang disimpan beku tidak akan mengalami perubahan dari segi warna dan rasa. 

2. Jamur

Untuk jamur, sebaiknya simpan dalam keadaan utuh dan tidak dicuci. Suhu lembap dalam kulkas dapat membuat jamur mengeluarkan lendir. Sebaiknya simpan jamur hanya selama satu hingga tiga hari di dalam kulkas. 

3. Terung

Sayuran ini tidak boleh disimpan lebih dari tiga hari. Setelah dipetik atau dibeli sebaiknya terung segera dikonsumsi agar kandungan vitamin di dalamnya tetap utuh. Agar tidak mengkerut, jangan simpan sayuran ini di dalam kulkas.
 
4. Bawang

Berlaku untuk semua jenis bawang, sebaiknya simpan bawang dalam wadah kering dan terpisah dari bahan lainnya. Bau menyengat dari bawang dapat ‘mencemari’ makanan lain. Bila tidak ingin bau bawang memenuhi kulkas, bawang dapat disimpan di suhu ruang dalam dengan kondisi kering dan gelap.

5. Mentimun

Sayuran berwarna hijau ini sebaiknya tidak terlalu lama disimpan dalam kulkas. Timun hanya mampu bertahan selama satu sampai tiga hari dalam suhu kulkas. Untuk menjaga agar tetap renyah, sebaiknya simpan timun dalam wadah di suhu ruangan.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Hari Terakhir Menjabat, Obama Kurangi Hukuman 330 Narapidana

Cara Memilih Kulkas Tepat di Rumah