in

Cara Memperbaiki Charge Yang Bermasalah

Charging bermasalah ? Kalian pasti langsung bingung karena baterai sudah charging  tidak menambah tapi malah mengurang atau problematika yang lain.  Jangan langsung berkesimpulan jika charging bermasalah berarti handphone mulai rusak. Padahal belum tentu seperti itu.

Tak perlu bingung dulu, charging yang rusak bisa diperbaiki dengan mudah tanpa perlu ke service center apalagi beli baru. Cobalah beberapa cara memperbaiki charging yang rusak berikut ini.

Bersihkan Debu di Port USB

Penghambat aliran daya listrik dapat terjadi karena adanya debu atau kotoran yang tersumbat di port USB. Maka dari itu bersihkanlah port USB dengan cara meniup manual secara kencang atau menggunakan sedotan. Jika port masih terlihat kotor gunakan kompresor udara kalengan. Kompresor dapat meniup dengan udara yang lebih kuat sehingga akan mengusir semua sumbatan di port.

Benarkan Posisi Strip pada Port USB

Jika kita amati, di bagian tengah port USB terdapat sebuah strip kecil. Strip tersebut kadang tidak kencang atau kendor dan menjadikan colokan USB tidak stabil. Itulah salah satu hal yang sering kali mengakibatkan handphone tidak dapat charging dengan normal. Agar posisi stript kembali normal dan stabil maka kita hanya perlu mengungkitnya sedikit ke arah atas menggunakan tusuk gigi atau benda yang berujung tajam dengan ukuran yang cocok. Cara ini berhasil untuk sebagian besar problematika pengisian daya.

Gunakan Charger yang Sesuai

Sering kali kita asal menggunakan charging yang lain atau tidak bawaan asli dari handphone. Padahal tidak semua charger bisa mengisi baterai sebaik charger yang asli. Terdapat perbedaan arus yang dapat menyebablan slow charging atau bahkan mengakibatkan baterai mudah bocor. Jadi jika kita memakai charger handphone lain, sebaiknya pastikan bahwa charger memiliki arus dan tegangan yang sama dengan charger asli.  Sehingga tidak akan terjadi masalah charging nantinya.

Ganti Kabel USB

Penggunaan kabel yang sering digulung,ditekuk atau dibiarkan tetap tercolok meski tidak digunakan lagi akan mengakibatkan kabel cepat rusak. Jika kabel sudah rusak maka gantilah kabelmu dan lihat bagaimana hasilnya. Dalam pembelian kabel kita juga diharuskan untuk memilih arus yang sesuai dengan chargermu. Dan usahakan pilih kabel yang tebal agar tidak cepat rusak.

Cek Baterai Handphone

Baterai handphone memang tidak didesain untuk bisa bekerja secara maksimal selamanya. Pasti ada rentan waktu tertentu . Biasanya setelah melewati  usia 2 tahun, baterai akan mulai usang. Cobalah dengan mematikan handphone dan copot baterainya. Amati apakah baterai menggembung atau ada cairan yang keluar. Jika iya, berarti sudah waktunya kamu beli baterai yang baru. Belilah baterai yang original agar kualitas terjamin.

Baca Juga: Buat Kamarmu Lebih Sehat Ditinggali dengan Cara- Cara Berikut

Mematikan Handphone

Kebiasan para pengguna handphone yaitu tetap memaikan handphone meski saat sedang di-charge. Mungkin itulah masalah utamanya. Kebiasaan ini akan membuat baterai menjadi mudah bocor . Kondisi terbaik untuk charging adalah handphone dalam keadaan mati total sehingga baterai bisa beristirahat.  Cara ini dijamin mempercepat durasi charging secara signifikan.

What do you think?

Written by virgo

Orang Belum Banyak yang Sadar Kalau 3 Bule Ini Berjaya Bagi Indonesia

Pasal Karet UU ITE Jerat 77 Kasus Pencemaran