in

Cara Mengobati Batuk Dengan Alami

Bukan hanya saat pilek atau flu, batuk juga bisa terjadi karena Anda berada di tempat dengan udara yang kering atau memiliki kebiasaan merokok. Batuk juga menjadi salah satu gejala pada orang dengan masalah kesehatan, seperti asma, alergi, atau refluks asam lambung.

Bila Anda memiliki kondisi ini, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan batuk, seperti:

1. Banyak Minum Air Putih

Saat pilek atau flu, virus membuat produksi lendir jadi lebih banyak. Ekstra lendir tersebut bisa mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan dan membuat Anda batuk.

Untuk meringankan batuk ini, memperbanyak minum air putih adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Akan lebih baik jika Anda memilih air yang hangat. Air putih bisa membantu lendir yang mengental jadi lebih cair sehingga saluran udara jadi lebih bersih. Batuk akan berkurang dan Anda jadi bisa bernapas dengan lega.

2. Minuman yang melegakan

Selain air putih, Anda bisa menikmati minuman hangat lainnya untuk meringankan tenggorokan yang sakit akibat terus batuk. Anda bisa minum secangkir teh madu hangat dengan irisan lemon untuk melegakan hidung tersumbat sekaligus tenggorokan Anda.

Anda juga bisa mencoba membuat wedang jahe. Jahe yang mengandung senyawa antiperadangan bisa mengendurkan membran di saluran udara untuk mengurangi intensitas batuk. Namun, jangan terlalu banyak, ya. Minuman ini juga bisa membuat Anda sakit perut dan mulas jika diminum terlalu banyak.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati jus nanas segar. Buah nanas mengandung senyawa bromelain yang berifat antiradang dan mukolitik, yaitu membantu tubuh memecah dan mengalirkan lendir yang menghambat tenggorokan.

3. Berendam air hangat

Mandi air hangat sama khasiatnya dengan minum minuman hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dan Anda hirup, bisa membantu melonggarkan sekresi di hidung sehingga batuk jadi lebih ringan.

“Mandi air hangat bisa membantu meredakan batuk bukan hanya karena pilek, tapi juga alergi,” kata Giselle Mosnaim, ahli alergi dan imunologi di Rush Center, seperti dikutip dari WebMD. Ingat, jangan mandi atau berendam terlalu lama karena bisa membuat kulit jadi kering.

4. Jaga kelembapan udara

Jika Anda memiliki batuk yang cukup mengganggu, menjaga kelembapan dan kebersihan udara itu penting. Udara yag kering bisa bisa memicu gejala alergi terjadi, salah satunya batuk. Anda bisa menjaga udara tetap lembap dengan humidifier.

Selain udara yang kering, semprotan parfum dan asap rokok juga bisa memicu lendir diproduksi lebih banyak dan menyebabkan batuk jadi lebih parah. Sebaiknya Anda menghindari kedua hal tersebut jika Anda merasa batuk jadi lebih parah setelah terpapar.

Tags: Jahe, Batuk, Mengobati Batuk

Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kebangetan! Inilah 7 Lowongan Kerja Yang Bakalan Buat Kamu Ketawa Sambil Tepuk Jidat

Bungkam Spurs, Liverpool Juara Liga Champions