in

Dari Lampung, Jokowi Kunker ke Palembang

Persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Jokowi di kota Palembang, Minggu (21/1). BP/DUDY OSKANDAR

Palembang, BP–Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan rombongan tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (21/1) sore, setelah melakukan kunjungan kerja di wilayah Provinsi Lampung.

Presiden Jokowi menumpang pesawat helikopter Superpuma milik TNI AU setelah kegiatan terakhir di Lampung.

Presiden Jokowi dan rombongan akan bermalam di Palembang dan keesokan harinya melakukan sejumlah kegiatan di Provinsi Sumsel.

Selama di Sumsel, Jokowi dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan, antara lain membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Pintar, membagikan sertifikat tanah, menghadiri Kongres Nasional Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, meninjau proyek padat karya tunai. Rencananya Jokowi akan menginap di Hotel Excelton Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pengamanan menjelang kedatangan Presiden Jokowi seperti kunjungan presiden dan wakil Presiden di berbagai kota.

“Ada skema pengamanan, yang diterapkan sesuai protap pengamanan kunjungan Presiden maupun Wakil Presiden,” kata Kapolda.

Adapun protap pengamanan yang diterapkan, ring utama adalah pasukan dari Paspampres. Ring kedua gabungan dari unsur TNI, dan ring ketiga Polda Sumsel.

Leading sektor pengamanan VVIP sesuai ketentuan teman-teman dari Kodam untuk pengamanan Ring I. Kami dari Polda Sumsel serta Polresta Palembang berada di Ring II dan III,” ujarnya.

Orang nomor satu di Polda Sumsel ini juga menjelaskan, pengamanan kunjungan Presiden Jokowi meliputi penyiagaan petugas, khususnya di tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh Presiden.

Pihaknya juga menyiagakan personel di setiap persimpangan jalan, yang akan dilewati rombongan Presiden. “Untuk pengamanan VVIP sudah ada standarnya. Tidak bisa terlalu detail,” tukasnya.

Terkait personel yang diterjunkan, jenderal bintang dua ini menyebutkan sebanyak 918 personel gabungan dari Polda Sumsel dan Polresta Palembang.

“Jumlah itu hanya dari pihak kepolisian. Pastinya akan lebih banyak lagi, karena kedatangan Presiden Jokowi tentu akan melibatkan semua instansi, TNI, Dinas Perhubungan, pemerintahan, dan lain-lain. Hal ini guna menghindari hal yang tak diinginkan selama Presiden berada di Palembang, apalagi beliau menginap,” katanya.

Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede menambahkan, pihaknya sudah mengadakan rapat bersama Polda Sumsel terkait kedatangan Presiden Jokowi ke Palembang.

Diputuskan personel polisi yang bertugas mengamankan kunjungan orang nomor satu di Indonesia meliputi personel dari Sat Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Binmas, Lantas, Narkoba, yang terbagi dalam 12 zona pam jalur/rute, 9 pam lokasi obyek.

“Semua personel akan mulai bersiaga selama Presiden berada di Palembang, apalagi direncanakan akan bermalam di Palembang, tentunya pengamanan di tempat bermalamnya akan dijaga sebelum dan sesudah rombongan kepresidenan menginap,” katanya.

Salah satu kunjungan kerja yang akan dilalui Presiden RI Joko Widodo, Senin, (22/1), adalah mengunjungi SMA unggul Negeri 1 Palembang. Sekolah yang baru-baru ini mengadopsi kurikulum dunia yakni Cambridge.

Namun kunjungan Jokowi ke sekolah tersebut bukan tentang kurikulum Cambridge, tapi membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kartu yang ia gadang-gadang sejak kampanye calon presiden.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengatakan, kunjungan kerja Presiden Jokowi diharapkan mampu memberikan semangat baru dan dorongan bagi para pelajar.

“Kehormatan ini juga mendekatkan cerita tentang istana dan presiden itu bisa disentuh, berkomunikasi, dan bahkan bisa swafoto. Jadi bisa menjadi pelajaran kongkrit bagi siswa,” jelasnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebutkan selama di Lampung, Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Trans- Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Selain meresmikan jalan tol, Presiden juga menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat serta meninjau program padat karya tunai yang telah berjalan di Provinsi Lampung.

Peresmian Program Korporatisasi Pertanian menjadi penutup rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Lampung. #osk

Jadwal Kunjungan Presiden RI

Minggu, 21 Januari 2018

17.45 Presiden Republik Indonesia lepas landas Lampung

18.27 Landing Lanud Palembang ( helly puma)

18.35 Menuju Hotel Excelton

19.00 tiba di Hotel Excelton

Senin, 22 Januari 2018

08.00 menuju lokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Harapan 1.000 Orang

Di SMA N 1 Kota Palembang KIP 1700 Orang

08.45 menuju PSCC

09.00 di PSCC Penyerahan Sertifikat Tanah (5.000 Orang)

10.40 menuju ke Stadion Jakabaring Sport Center

11.00 di Stadion Jakabaring Sport Center

Acara Pembukaan Kongres Nasional perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia ke-30 (3.000 Orang) (Kapten Cpm Franky Manengkey )

11.55 Acara Selesai

12.05 Makan Siang dan Shalat (Rumah Makan Wong Kito Palembang

13.00 Makan Siang Selesai

13.15 Melihat Peninjauan Program Padat Karya di Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin

15.30 Take Off dari Bandara SMB II Palembang menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Populasi elang flores terancam

BERITAPAGI – Senin, 22 Januari 2018