in

Diharapkan Dapat Ambil Bagian dalam Proses Pembangunan Daerah, Bupati Motivasi Wisudawan Asal Mentawai

 PADANG, METRO–Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jong­guran Simanjuntak mengajak wisudawan khususnya yang berasal dari Kepulauan Mentawai untuk ikut ambil bagian menggali dan mengelola potensi yang ada di Kepulauan Mentawai untuk meningkatkan kese­jahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikannya,  pada saat memberikan orasi ilmiah “Potensi dan Tantangan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kepulauan Men­tawai’ dalam acara Wisuda Universitas Negeri Padang (UNP) yang ke-134 di Auditorium Universitas Negeri Padang , Minggu, (31/3).

Wisuda UNP ke-134 itu dibuka Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. H. Ganefri dan dihadiri sekitar 3.000 undangan.

Bupati menyampaikan, perkembangan SDM di Kepulauan Mentawai sejak berdirinya kabupaten ini hingga perkembangan capaian kinerja pembangunan manusia hingga tahun 2023.

Kab. Kepulauan Mentawai terbentuk pada tahun 1999 melalui Undang-Undang Nomor 49 Tahun 1999 pada masa transisi tahun 2000-2001, memiliki capaian indikator makro yang tidak terlalu baik seperti Rata Lama Sekolah sebesar 5,8 tahun, Tingkat Kemiskinan sebesar 56,86 persen, Tingkat Pengangguran sebesar 12,65 persen, PDRB berdasarkan harga berlaku sebesar Rp.393,1 miliar dan pendapatan perkapita sebesar Rp.6,37 Jt/kapita.

Dengan pembangunan yang telah berjalan kurun waktu 2 dekade, beberapa indikator menunjukkan peningkatan capaian dan peningkatan kinerja pem­bangunan manusia seperti pada Rata-Rata Lama Sekolah mengalami peningkatan dari 5,8 tahun pada tahun 2001 menjadi 7,76 tahun di tahun 2023.

What do you think?

Written by virgo

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Jajaran Monitoring Keamanan Jelang Idulfitri

Pembukaan Kongres Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) XII Tahun 2024 di Mercure Convention Center, Provinsi DKI Jakarta, 28 Maret 2024