in

Dimulai dari Wako Fadly Amran, Disdukcapil Sosialisasikan KTP Digital

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), mulai menyosialisasikan penggunaan Digital ID. Untuk tahap awal, penerapan KTP Digital (Kartu Tanda Penduduk Digital) ini dimulai dari Wali Kota, H Fadly Amran Datuak Paduko Malano, Jumat (29/7).

Kepala Disdukcapil, Dra Maini mengungkapkan, KTP Digital atau identitas digital itu adalah memindahkan KTP sekarang (KTP-El) ke dalam handphone. Baik berupa foto, NIK dan tanda tangan, nanti jadinya dengan QR Code.

Baca Juga: Sumatera Barat Jadi Provinsi Pertama Luncurkan KTP Digital 

Tak Lagi Bentuk Fisik, Padang Bakal Terapkan KTP Digital

Digital ID ini merupakan inovasi baru dari Dukcapil. Untuk penerbitannya sudah menggunakan Smartphone dengan OS Android. Untuk sosialisasi awal ini, Wali Kota Padangpanjang langsung yang mencoba mendaftarkan diri di Digital ID,” ungkap Maini.

Ke depannya, lanjut Maini, seluruh masyarakat yang memiliki hape android juga akan diarahkan menggunakan Digital ID untuk mempermudah segala urusan yang menggunakan identitas diri.

“Sebelum menyasar ke masyarakat umum, kami akan sosialisasikan dulu ke seluruh ASN yang ada di Padangpanjang. Dengan target sosialisasi ini akan diikuti oleh tiap-tiap OPD selama lebih kurang satu bulan ke depan,” tutur Maini. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Inilah Delapan Pejabat yang Dilantik Wako Padang Hendri Septa

Pimpinan Gontor bakal Kunjungi Perguruan Thawalib Padangpanjang