in

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Sharing Ilmu Demi Kemajuan Pendidikan

BERBAGI ILMU: Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi memberikan penjelasan kepada tim Dinas Pendidikan
Kota Payakumbuh saat melakukan kunjungan.(TIM LAMAN GURU Payakumbuh)

Tahun Pelajaran 2023/2024 masih beberapa hari lagi. Namun semangat untuk mencapai yang terbaik telah dimulai, terutama pada capaian pemanfaatan PMM (Platform Merdeka Mengajar.

Dalam Impelementasi Kurikulum Mengajar yang telah dilaksanakan di Kota Payakumbuh sejak Tahun Pelajaran 2022/2023, kepala sekolah dan guru mempedomani semua petunjuk melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) dengan menggunakan akun belajar guru.

Platform Merdeka Mengajar berisikan pedoman untuk guru, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Sampai saat ini Kemdibudristek sudah meluncurkan 45 topik untuk jenjang SD, dan 42 topik untuk jenjang SMP.

Menindaklanjuti hal itu, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh terus memotivasi kepala sekolah dan guru untuk menyelesaikan topik, menggunggah aksi nyata sampai keluarnya sertifikat dari Kemdikbudristek secara maksimal. Sebanyak sepuluh orang kepala sekolah, guru SD da SMP ikut ambil bagian pada kesempatan itu. Mereka merupakan kepala sekolah dan guru yang memiliki sertifikat tertinggi di PMM.

Dipilihnya Kota Bukittinggi sebagai tujuan utama dalam pengimplementasian program tersebut, tak lain karena berdasarkan data dari Kemdikbudristek, pencapaian PMM bagi kepala sekolah, guru dan siswa, tertinggi di Sumatera Barat.

Untuk itu pada hari Rabu, 27 Desember 2023, sejumlah 27 orang Tim dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, yang terdiri dari 17 orang kepala sekolah dan guru SD dan SMP, serta 10 orang pendamping dari Dinas Pendidikan, melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi.

Ini tentunya untuk mengetahui strategi Kota Bukttinggi dalam mencapai realisasi tertinggi pemanfaatan PMM. Pada kesempatan tersebut, rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Jeki S.Kom M.Si, Kabid Pendidikan Dasar Hendri M.Pd dan sejumlah pejabat lainnya dari Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi.

Dalam kesempatan tersebut juga Hendri M.Pd menjelaskan strategi yang telah digunakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi. Sehingga mencapai hasil tertinggi dalam pemanfaatan PMM.

Hendri menjelaskan bahwa sesuai arahan dari Kemdikbudristek, untuk semua kegiatan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, harus ditautkan pada link akun belajar. Hal ini menjadi informasi penting yang diperoleh oleh Tim dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Drs. Danil Defo, M.Si, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh ingin mencapai hasil secara maksimal dalam pemanfaatan PMM terutama di Tahun 2024. Karena merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat ketika berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi.

“Mudah-mudahan ke depannya Payakumbuh dan Bukittinggi akan terus melakukan sharing informasi tentang pendidikan untuk kemajuan anak bangsa, terutama di Kota Randang, di mana Pendidikan yang selama ini sudah baik bisa lebih ditingkatkan lagi,” tukasnya. Acara kunjungan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dan foto bersama.(tim laman guru Kota Payakumbuh)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SD Negeri 46 Payakumbuh, Sportivitas Cinta Lingkungan

Aktor “Parasite” Lee Sun-kyun dimakamkan