in

Direktur Irigasi Kagumi Kinerja Bupati

Pemaparan: Adang Saf Ahmad (kanan) mendengarkan pemaparan Alias Wello, Senin (5/12). F-ist/humas pemkab lingga

Lingga – Direktur Irigasi dan Rawa, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Adang Saf Ahmad mengaku kagum dengan kinerja Bupati Lingga, Alias Wello yang melakukan pencetakan sawah baru dengan menggunakan dana pribadi.

”Saya kagum. Tekad pak Bupati ini luar biasa. Membangun sawah dan saluran air itu, tugas kami. Tapi, bapak telah melakukannya dengan anggaran pribadi,” ujar Adang saat menanggapi paparan Bupati Lingga, Alias Wello di ruang rapat Direktorat Irigasi dan Rawa, Kementerian PUPR di Jakarta, Senin (5/12).

Menurut dia, Kementerian PUPR ditugasi dan ikut bertanggungjawab untuk mensukseskan program cetak sawah baru dengan jaringan irigasi seluas 1 juta hektare.

Karena itu, program cetak sawah baru yang telah dilaksanakan Bupati Lingga ini, ikut berkontribusi menyukseskan program Kementerian PUPR.

”Kami itu ditugasi mendukung pencetakan sawah baru seluas 1 juta hektare dan sekarang baru terealisir sekitar 280 ribu hektare. Ini berita bagus buat kami dan segera saya laporkan ke pak Menteri PUPR,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lingga Lingga, Alias Wello dalam paparannya menyampaikan potensi lahan sawah di bumi berjuluk ”Bunda Tanah Melayu” itu.

”Berdasarkan hasil identifikasi kami, potensi lahan sawah di Lingga itu, ada sekitar 6 ribu hektare dan pak Menteri Pertanian sudah mengalokasikan anggaran pencetakannya 4 ribu hektare,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD Lingga ini mengungkapkan, untuk pencetakan sawah baru seluas 4 ribu hektare itu, pihaknya tidak ada masalah karena semua biaya ditanggung Kementerian Pertanian.

Namun, masalah kemudian muncul setelah pencetakan sawah baru selesai. Karena, sawah yang layak berproduksi itu harus dilengkapi dengan jaringan irigasi.

”Karena itu, kami datang ke sini (PUPR) melaporkan bahwa di daerah kami juga sudah ada sawah dengan sumber air yang melimpah. Memang sudah ada kami buat jaringan irigasi, tapi masih tradisional,” katanya.

Ia berharap, Kementerian PUPR dapat bersinergi dengan Kementerian Pertanian memberikan perhatian terhadap keberlanjutan pencetakan sawah baru di Lingga.

”Di tengah keterbatasan kami, mohon kiranya Kementerian PUPR dapat ikut berkontribusi membangun jaringan irigasi sawah di Kabupaten Lingga,” tambahnya.

Hadir dalam pertemuan Bupati Lingga dengan Direktur Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR tersebut, antara lain, Wakil Bupati Lingga, M. Nizar, Plt. Kadis Pekerjaan Umum Lingga, Said Nursyahdu, Kepala Bappeda Lingga, M. Ishak, Kadis Pertanian Lingga, Rusli Ismail dan Konsultan Pertanian Lingga, Ady Indra Pawennari. (TENGKU)

What do you think?

Written by virgo

Febri Diansyah, Aktivis Paling Berpengaruh Jadi Jubir KPK

UAS Penentu Kenaikan Kelas