in

Disbudpar Aceh Gelar Pelatihan Seni Rupa Melalui Design Komputer di Banda Aceh

PROHABA.CO, BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar pelatihan seni rupa melalui design komputer untuk para pelaku seni dan ekonomi kreatif. Kegiatan yang berlangsung 13-16 Juni 2023 di Hotel Amel Convention Center Blang Oi, Banda Aceh dibuka oleh Kasi Pengembangan SDM dan Lembaga Kesenian Disbudpar Aceh, Syahrul Arbi, SP MM, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan itu digelar oleh Disbupar Aceh sebagai upaya untuk pengembangan seni rupa dan menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif di Aceh.

Kabid Seni dan Bahasa Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu.
Katanya, karena melihat antusiasme dan histeria peserta Pelatihan Seni Rupa Melalui Desain Computer tahun lalu, pihaknya menyimpulkan untuk kembali mengadakan pelatihan tersebut di tahun ini.

“Pada tahun ini kita mengangkat materi vector yang aplikatif dan harapannya output yang dihasilkan di pelatihan ini dapat kita pasarkan di platform digital, yang dapat dijangkau secara global,” ujar Nurlaila.

Sehingga hasil akhir dari pelatihan tersebut, diharapkan mampu memberikan nilai ekonomi terhadap karya seni anak Aceh.

Dari pelatihan itu ,output yang dihasilkan juga berupa karya seperti logo, symbol, font, icon, ilustrasi yang bertemakan ke Acehan baik itu dari segi bentuk, warna, tema, budaya dan filosofi yang terkandung pada hasil desainnya.

“Sehingga hasil Pelatihan Seni Rupa Melalui Desain Computer kali ini selain memberikan skill kepada peserta akan tetapi juga mengajak peserta untuk mendalami seni rupa dengan tidak meninggalkan ke arifal lokal Aceh kita yang penuh dengan nilai seni itu sendiri,” ujar Nurlaila Hamjah. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ribuan Personel Gabungan Polda Kawal Laga Persahabatan Indonesia Vs Palestina

Presiden Jokowi Dorong Birokrasi Berdampak dan Tak Berbelit