in

Disiapkan Jalur Alternatif yang Melintas di Tengah Jabar

Transportasi Darat – Pantura Siap Jadi Jalan Peralihan “One Way” Tol Trans Jawa

Untuk mengatasi kemacetan dalam angkutan Lebaran 2019, aparat kepolisian sudah menyiapkan jalur alternatif yang ada wilayah tengah Jabar.

PURWAKARTA – Ditlantas Polda Jabar bekerja sama de­ngan Satlantas Polres di seki­tar jalur pantai utara (Pantura) Jawa sudah menyiapkan jalur alternatif yang melintas di te­ngah Jabar. Jalur tersebut ruas dari Palimanan-Jatiwangi-Cikamurang-Subang-Kalijati-Purwakarta, guna mengalihkan kepadatan lalu lintas di jalur Pantura.

“Kami sudah siapkan jalur alternatif, nanti ada pos penga­manannya. Rest area juga disiap­kan di beberapa tempat,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Mu­hamad Aris kepada Koran Jakar­ta, di Posko Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (26/5).

Kasatlantas Polres Kabu­paten Subang, AKP Rendy Setia Permana, mengklaim pi­haknya telah siap menghadapi arus mudik Lebaran 2019. Jalur alternatif yang disiapkan oleh Polda Jabar sebagian akan di­gunakan untuk contra flow jika terjadi kemacetan dan kepada­tan lalu lintas di jalur utama.

“Jalur pengalihan arus, kami punya dua rancangan. Pertama, di Kalijati akan kami arahkan masuk pantura lagi melalui Pos Purwadadi. Un­tuk dari tol Subang nanti kami arahkan ke Pantura lewat Pos Pegaden,” jelas Rendy.

Kendati demikian, Rendy mengaku jalur alternatif terse­but memiliki tantangan ka­rena merupakan jalur menuju tempat-tempat wisata seperti Ciater dan Lembang. Dengan begitu diperkirakan akan men­dapatkan kepadatan dari arus balik pemudik dan arus ma­syarakat yang ingin berwisata setelah Lebaran.

Tempatkan Personel

Namun, pihaknya telah men­gantisipasi dengan menyiapkan dan menempatkan personel un­tuk berjaga serta pos keamanan dan pelayanan di titik-titik stra­tegis. “Jalur ini kan wisata, jadi masyarakat fokusnya di H+1 dan H+2 Lebaran. Nanti kami siapkan plotting-nya. Satlantas sudah siap, baik dari personel berjumlah 800 orang, maupun sarana prasarana dan pos pela­yanan. Sudah kami siapkan se­mua,” kata Rendy.

Lebih jauh Aris mengata­kan jalur Panturan Jawa yang berada di wilayah Polda Jabar, siap menghadapi arus mudik Lebaran 2019. Jalur tersebut akan dijadikan sebagai pera­lihan kendaraan akibat kebi­jakan one way (satu arah) yang diberlakukan di Tol Trans Jawa mulai dari gerbang tol (GT) Cikampek Utama sampai GT Brebes Barat.

“Semua sudah kami cek jauh-jauh hari pada saat per­baikan, sekarang sudah sele­sai dan semuanya sudah siap,” kata Aris.

Pantauan dari Koran Jakarta, jalur Pantura ruas Cirebon sam­pai Cikampek, terbilang cukup baik dan mulus. Semua peker­jaaan perbaikan jalan tampak sudah diselesaikan semua, ha­nya ada satu bagian di wilayah Kabupaten Subang yang masih belum sepenuhnya bersih. Na­mun keadaan jalur relatif lancar dan laik untuk dilalui kend­araan pemudik, baik roda dua maupun kendaraan peralihan arus dari Tol Trans Jawa.

Aris melanjutkan pihaknya telah membangun beberapa pos keamanan dan posko pela­yanan terpadu di jalur Pantura, serta rest area untuk kebutuhan pemudik. Keberadaan posko dan rest area di jalur Pantura sa­ngat penting kebutuhannya un­tuk pemudik, terutama penge­mudi sepeda motor yang akan banyak melalui jalur tersebut.

“Untuk antisipasi ke­macetan yang biasa terjadi di pasar tumpah, kami telah me­lakukan kanalisasi jalur agar aktivitas di pasar tumpah tidak mengganggu arus lalu lintas pemudik,” tutur Aris.

tri/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

KPU Harus Kawal Jajarannya dalam Proses Persidangan di MK

3 Pendekatan Geografi yang Penting untuk dipelajari Calon Geograf Indonesia