in

Ekspor Pekerja Dari Cirebon, PT Eltran Abaikan Protekes Pekerja Jargas

Inderalaya, BP–Miris yang dilakukan menejemen PT. Eltran, pasalnya perusahaan yang bergerak sebagai kontraktor pemasangan pipa jaringan gas (jargas) tersebut terkesan mengabaikan protokol kesehatan (protekes) covid19 dan keamanan pekerja saat sedang menggali pipa jaringan gas rumah tangga disepanjang jalan KM 32 kelurahan Timbangan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Puluhan pekerja tersebut terlihat tak memakai masker dan sepatu saat bekerja mencangkul galian untuk pemasangan pipa, malah mereka kebanyakan menggunakan sandal jepit dan bertelanjang kaki saat mencangkul. Padahal penggunaan masker sangat penting disaat Indonesia sedang dilanda virus corona, selain itu penggunaan sepatu khusus juga dinilai sangat perlu saat bekerja mencangkul galian karena dikhawatirkan pekerja terluka kakinya saat tengah mengayuhkan cangkulnya ke tanah.

Menurut salah satu pegawainya Re yang sedang bekerja, bahwa dari PT Eltran tidak pernah memberikannya masker dan sepatu khusus kepada para pekerja.

“Tidak ada masker dan sepatu dari pihak perusahaan, jadi kami tidak pakai. Lagipula ribet pakai masker susah bernafas, selain itu  menggunakan sepatu saat bekerja juga berat bukannya malah mempermudah saat mencangkul,” katanya, Senin (3/8).

Ia menambahkan, dirinya berasal dari kota Cirebon bersama pekerja yang lain berjumlah 80 orang datang ke OI untuk bekerja sebagai tukang gali.

“Kami dari Cirebon berjumlah 80 orang yang bekerja di OI, untuk tinggal kami di belakang Kantor Pemkab OI. Ya kami bukannya pekerja ekspor sih, kami ini bekerja sesuai borongan bos saja. Kalau lembur ya lembur. Kadang bekerja mulai pukul 07.00 wib sampai pukul 00.00 dini hari,” urainya.

Sementara itu Petugas Safety Andika yang tengah memantau pekerja galian dan menggunakan rompi bertuliskan petugas safety, mengatakan para pakerja mendapatkan masker, namun maskernya baru akan didatangkan sore ini. “Masker sama sepatunya ada disana, ini baru mau diantar kesini,” ucapnya menghindari pewarta. #hen

What do you think?

Written by Julliana Elora

200 korban investasi bodong datangi rumah ketua kelompok

Wakil Ketua MPR: Lembaga Negara Akan Laporkan Kinerja yang Terbaik pada ST