in

Enam karakter populer yang muncul di “RE: Welcome to Raccoon City”

Jakarta (ANTARA) – Waralaba “Resident Evil” (RE) yang melegenda sejak pertama kali dirilis pada 1996 dalam format video game, kini kembali diadaptasi ke layar lebar dengan judul “Resident Evil: Welcome to Raccoon City”. Film ini tampil sebagai reboot dari game pertama dan kedua waralaba tersebut.

Berbeda dengan keenam film sebelumnya, “Resident Evil” kali ini tidak menampilkan karakter Alice (diperankan oleh Milla Jovovich) yang lazim tampil sebagai karakter utama. Film ini menyoroti kisah para penyintas paling awal saat wabah zombie di kota kecil Raccoon City mulai merebak.

“Welcome to Raccoon City” dibintangi oleh Kaya Scodelario, Hannah John-Kamen, Robbie Amell, Tom Hopper, Avan Jogia, Donal Logue, dan Neal McDonough.

Tak seperti keenam film sebelumnya, film reboot ini tak melibatkan Paul W. S. Anderson yang biasanya bekerja sebagai sutradara atau penulis naskah dan produser. Film waralaba “Resident Evil” untuk pertama kalinya digarap oleh sutradara Johannes Roberts.

Film ini premier di Grand Rex, Paris, pada 19 November dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 24 November. Kini “Welcome to Raccoon City” akhirnya bisa dinikmati oleh penonton dan penggemar waralaba mulai 29 Desember di jaringan bioskop tanah air.

Berikut adalah rangkuman mengenai gambaran enam karakter populer dalam seri video game “Resident Evil” yang kembali muncul dalam reboot “Welcome to Raccoon City”.

​​​​Baca juga: Game “Resident Evil 4” sedang dibuat ulang, tanggal rilis terungkap

1. Chris Redfield

Karakter Chris Redfield merupakan hero paling populer dalam Resident Evil Universe. Ia pertama kali muncul dalam video game “RE” pertama.

Dalam film “Welcome to Raccoon City”, karakter ini diperankan oleh Robbie Amell. Sebelumnya karakter ini juga telah hadir di “Resident Evil: Afterlife” (2010) diperankan oleh Wentworth Miller dan film animasi “Resident Evil: Vendetta” (2017).

Satu-satunya keluarga yang dimiliki Chris adalah adiknya, Claire Redfield. Gambaran karakter Chris selalu identik dengan latar belakang kemiliterannya, penampilan tubuh ideal berotot, dan mahir menggunakan senjata, pisau, bahkan pertarungan tangan kosong.

Robbie Amell dalam film “Resident Evil: Welcome to Raccoon City” (2021). (ANTARA/HO-Sony Pictures)

Dalam versi game, Chris mulanya memulai karier di Angkatan Udara AS kemudian beralih menjadi anggota Special Tactics And Rescue Service (STARS) di departemen kepolisian Raccoon City.

Sama seperti versi game-nya, dalam film “Welcome to Raccoon City” Chris berpartisipasi dalam penyelidikan di Spencer Estate yang akhirnya membawa dirinya untuk mengungkap kejahatan di balik perusahaan Umbrella.

Dalam versi game, Chris bersama Jill akhirnya membuat kelompok militer Bioterrorism Security Assessment Alliance (BSAA) setelah insiden penghancuran Raccoon City. Sejak saat itu, ia berdedikasi untuk melawan bioterorisme perusahaan farmasi Umbrella.

2. Claire Redfield

Dalam versi film RE ketujuh ini, karakter Claire Redfield diperankan oleh Kaya Scodelario sebagai protagonis utama. Di film-film sebelumnya, karakter ini dimainkan oleh Ali Larter yang muncul di “Resident Evil: Extinction” (2007), “Resident Evil: Afterlife” (2010), dan “Resident Evil: The Final Chapter” (2017).

Claire pertama kali muncul dalam versi game “RE 2”. Karakternya menjadi populer di antara karakter-karakter lain dalam game RE.

Penampilan Claire versi Kaya Scodelario masih serupa, lengkap dengan mengenakan jaket merah ikonik, rambut merah kecoklatan, dan kemahirannya dalam menggunakan senjata.

Avan Jogia dan Kaya Scodelario dalam film “Resident Evil: Welcome to Raccoon City” (2021). (ANTARA/HO-Sony Pictures)

Film “Welcome to Raccoon City” memotret gambaran masa kecil Claire sebagai yatim piatu yang tumbuh di panti asuhan Raccon City bersama sang kakak, Chris Redfield. Ia kabur dari panti asuhan tersebut ketika akan dijadikan subjek eksperimen dan diawasi oleh seorang pekerja Umbrella, William Birkin.

Dalam film itu pula diceritakan bagaimana pertemuannya dengan Lisa Trevor, seorang anak perempuan yang berubah menjadi monster mengerikan yang dijadikan subjek eksperimen.

Fakta menariknya, karakter ini semula akan dikembangkan menjadi sosok bernama Elza Walker di dalam game versi beta RE, “Resident Evil 1.5”. Karakter ini juga pada awalnya tidak diniatkan sebagai adik Chris dan direncanakan tampil dengan rambut berwarna pirang.

3. Jill Valentine

Sama seperti Chris, Jill Valentine merupakan anggota STARS yang selamat dari insiden di Raccoon City dan mendirikan BSAA bersama Chris. Jill menjadi karakter utama waralaba sejak pertama kali game RE diperkenalkan pada 1996 dan telah muncul di beberapa game lainnya.

Karakter ini memulai debut filmnya di “Resident Evil: Apocalypse” (2004) yang dibintangi Sienna Guillory sebagai seorang petugas polisi yang meninggalkan Raccoon City dengan bantuan karakter utama, Alice. Penampilannya dalam film “Apocalypse” didasarkan pada pakaian khasnya dalam game “RE 3”.

Robbie Amell, Chad Rook, Hannah John Kamen, dan Tom Hopper dalam film “Resident Evil: Welcome to Raccoon City” (2021). (ANTARA/HO-Sony Pictures)​​​​​​​

Dalam film reboot, Jill diperankan oleh Hannah John-Kamen. Dibandingkan dengan karakter-karakter lain dalam reboot, penampilan Jill berubah signifikan jika dibandingkan dengan versi game maupun seri film sebelumnya.

Karakter ini sangat populer di kalangan gamers RE, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu maskot terpopuler dan terbaik sepanjang masa di industri video game, terutama karena menggambarkan karakter perempuan yang kuat dan dirancang untuk melawan male gazing yang banyak terjadi di video game lainnya.

Guiness World Records Gamer’s Edition pada 2011 bahkan menobatkan Jill sebagai karakter video game paling populer dan ikonik di antara 50 karakter lainnya.

4. Albert Wesker

Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam game “RE” pertama yang menyamar sebagai kapten tim kepolisian STARS. Ia merupakan karakter antagonis di sepanjang seri game yang berafiliasi dengan perusahaan Umbrella.

Dalam film reboot, Wesker diperankan oleh Tom Hopper. Karakter antagonis Wesker dalam film reboot masih diperlihatkan secara samar-samar.

Tom Hopper, Chad Rook, dan Hannah John-Kamen dalam film “Resident Evil: Welcome to Raccoon City” (2021). (ANTARA/HO-Sony Pictures)​​​​​​​​​​​​​​

Dalam versi game, ia memanipulasi kematiannya setelah insiden di Spencer Estate bersama para anggota STARS dengan menyuntikkan virus prototipe ke tubuhnya sendiri yang tidak hanya dapat menghidupkannya kembali, tetapi juga memberinya kekuatan super.

Karakter Wesker juga muncul dalam film “Resident Evil: Extinction” (2007) yang dimainkan oleh Jason O’Mara, kemudian di “Resident Evil: Afterlife” (2010), “Resident Evil: Retribution” (2012), dan “Resident Evil: The Final Chapter” (2016) yang diperankan oleh Shawn Roberts.

5. Leon S. Kennedy

Karakter ini mulai debut sebagai karakter protagonis di video game “RE 2” dan selanjutnya muncul kembali di game “RE 4” dan “RE 6”.

Dalam “RE 2”, Leon diperkenalkan sebagai seorang polisi pemula di Raccon City. Ia digambarkan sebagai karakter yang mulanya tampak tidak terampil, apalagi ketika harus menghadapi serangan zombie. Namun seiring berjalannya waktu, ia menjadi terampil dan bekerja sama dengan Claire Redfield untuk menyelamatkan seorang gadis bernama Sherry Birkin.

Penggambaran karakter Leon sebagai polisi pemula yang kikuk juga tampak dalam film reboot “Welcome to Raccoon City”.

Karakter Leon muncul dalam versi animasi “Resident Evil: Degeneration” (2008) dan “Resident Evil: Damnation”. Ia jua tampil dalam serial Netflix “Resident Evil: Infinite Darkness”.

Dalam film reboot, Leon diperankan oleh Avan Jogia. Sebelumnya dalam versi live-action, karakter ini sudah dimainkan oleh Johann Urb di “Resident Evil: Retribution” (2012).

6. Ada Wong

Karakter Ada Wong disebut-sebut menampilkan kesan yang kuat sejak pertama saat kemunculannya dalam game “RE 2”, namun karakter berkembang menjadi misterius seperti sosok antihero yang terkadang ambigu.

Menariknya, Ada sebelumnya direncanakan untuk tampil sebagai karakter bernama Linda, seorang peneliti yang lebih pasif di perusahaan Umbrella. Dalam awal-awal pengembangan konsep game “RE 2”, karakter ini semula akan ditampilkan dengan mengenakan pakaian berwarna merah dan jas lab putih berlogo Umbrella.

Karakter ini muncul dalam versi live-action di “Resident Evil: Retribution” (2012) yang diperankan oleh aktris Li Bingbing. Dalam versi reboot, Ada dimainkan oleh Lily Gao, tetapi perannya hanya muncul sesaat dalam after credit film tersebut.

Selain film live-action, karakter Ada juga muncul di film animasi “Resident Evil: Damnation” (2012).

Baca juga: Mengenal karakter dalam “Resident Evil: Infinite Darkness”

Baca juga: Sinopsis serial animasi “Resident Evil: Infinite Darkness”

Baca juga: Netflix siarkan serial animasi “Resident Evil” dan “Transformer”

Oleh Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

What do you think?

Written by Julliana Elora

Park Min Young berpisah dengan agensinya

PLN merilis perahu listrik dukung ekosistem kendaraan listrik