in

Fauziyah Khalida yang Mengguncang Panggung Rising Star Indonesia

Hobi Nyanyi Sejak TK, Bangga jadi Rang Payokumbuah

Baru pertama kali tampil dalam ajang pencarian bakat di layar kaca, Fauziyah ‘Anda’ Khalida, langsung menggebrak panggung musik tanah air. Mesti gagal menjadi juara pertama Rising Star Indonesia 2, tapi penyanyi sekelas Rossa, Anang Hermansyah, Ariel Noah dan Judika, terpesona mendengar suara khas gadih Pikumbuah nan kamek ini. Seperti apa sosok Anda dalam kesehariannya?

Suara Erizal alias Eri Inyiak, 52,  terdengar garau saat dikontak Padang Ekspres, Selasa malam (28/3). “Ananda yang tampil, suara awak (saya) yang serak, karena kurang tidur,” kata ayah kandung Fauziyah “Anda” Khalidah, finalis Rising Star Indonesia 2 asal Payakumbuh, Sumatera Barat.

Meski suaranya sedang serak, tapi Eri Inyiak tidak kehilangan keramahannya.  “Mohon maaf, saya belum bisa menjawab, apakah Ananda sudah dapat tawaran rekaman atau belum. Karena saya belum bisa mengobrol lama dengan Ananda,” ujar bekas penabuh drum dan pemetik bas Teratai Band yang cukup melegenda di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Eri Inyiak menceritakan, setelah grand final Rising Star Indonesia 2 digelar Selasa lalu, Anda belum bisa pulang ke rumah mereka di Kototangah, Koto Nan Ompek, Payakumbuh. Jangankan pulang kampung, pulang ke rumah keluarga di Jakarta saja Anda belum diizinkan.

“Ananda dan kontestan lainnya masih dikarantina. Masih tinggal di hotel yang disiapkan RCTI. Seharian tadi (Selasa-red), Anda dan seluruh kontestan diberi kesempatan lopeh ponek (refreshing). Karena, sudah berminggu-minggu latihan terus. Menyiapkan lagu yang akan dinyanyikan. Bahkan, pada malam final itu Anda harus siapkan enam lagu,” tukuk Eri Inyiak.

Walau Anda gagal menjadi pemuncak Rising Star Indonesia 2, karena akumulasi dukungan yang diperolehnya terpaut di bawah dukungan Andmesh Kamaleng, finalis bertubuh tambun asal Kupang, Nusa Tenggara Timur, tapi Eri Inyiak tetap bangga dengan putrinya. “Kami sekeluarga bersyukur sekali, Ananda bisa sampai ke babak final,” ujar pemain orgen ini.

Tidak hanya bersyukur, Eri Inyiak berterima kasih kepada urang awak di manapun berada. Baik yang menetap di kampuang ataupun yang tinggal di perantauan. “Tanpa dukungan urang awak di mana saja berada, Ananda tak bisa sampai di sini,” tukuk Inyiak.

Dia bersama keluarga mengaku terharu dengan kekompakan urang awak. “Itu yang mem-backing Anda urang awak semua. Di manapun berada, mereka merasa memiliki. Saat vote Anda tinggi, mereka senang. Ketika vote-nya rendah, mereka ikut sedih. Ini sungguh mengharukan kami. Membuktikan bahwa kita bersama. Sumatera Barat bersama,” ujar Inyiak.

Anda merupakan putri kedua Eri Inyiak dari hasil pernikahannya dengan Sri Astuti, 42. Saat ini, Anda masih menimba ilmu perpajakan di Universitas Tri Sakti, Jakarta. Kakaknya, Erlisa Yanuari juga masih kuliah di Universitas Negeri Riau, Pekanbaru. Sedangkan adik Anda, Habziq Alqoris masih duduk di bangku TK IPHI, Labuahbasilang, Payakumbuh.

“Anda lahir pada Desember 1997 silam. Kalau kakaknya lahir 1994. Adik mereka masih lima tahun. Dulu, Anda menimba ilmu di SD 13 Padangtinggi, SMP 1 Payakumbuh  dan SMAN 2 Payakumbuh. Sejak TK, bahkan sebelum masuk TK, Anda sudah hobi menyanyi,” tukuk Eri Inyiak.

Bakat Anda di dunia tarik suara, terus diasah Eri Inyiak. Ketika duduk di bangku SD, Anda yang saat tidur masih suka memegang tangan mamanya sudah menjuarai Festival Lagu Minang se-Payakumbuh. Semasa SMP, Anda yang suka nasi goreng mewakili Sumbar dalam lomba vokal grup di Jakarta. Sewaktu SMA, Anda juara lomba menyanyi solo song tingkat Sumbar yang digelar Politani Unand di Payakumbuh.

“Kalau di rumah, kebiasaan Anda juga menyanyi. Saat tidak ada kegiatan, dia main orgen lalu bernyanyi. Saya pikir, bakat Anda ini bukan karena Papanya pemain band dan sampai kini masih mencari hidup dari musik. Tapi, memang karena Anda sering melihat latihan musik sejak kecilnya,” tukuk Eri Inyiak.

Di mata keluarganya, Fauziyah adalah sosok yang gigih. “Ia keras hati,” kata Sri Astuti, sang ibu yang dimintai komentarnya saat Anda tampil di babak Super 12 Rising Star Indonesia. Meski keras hati, tapi Anda menurut Om-nya, AKBP Fedri Aldianta Dt Rajo Dewa, merupakan sosok yang nice, best dan peduli. “Ia pantang menyerah,” tukuk istri AKBP Fedri yang merupakan tante kandung Anda.

Kepiawaian Anda dalam benyanyi, diakui sejumlah penyanyi ternama tanah air, seperti Rossa, Anang Hermansyah, Ariel “Noah” dan Judika. Menurut Rossa, Anda memiliki paket yang lengkap sebagai seorang bintang. Saat menyanyikan lagu-lagu Rossa yang terkenal sendu, Anda tampil dengan gayanya sendiri. Bukan meniru gaya Rossa. Meski Anda merupakan fans fanatik pelantun Ayat-Ayat Cinta ini.

Senada dengan Rossa, Anang Hermansyah yang merupakan penyanyi, musisi sekaligus produser musik, juga terpesona dengan suara Fauziyah Khalida. “Memang tipikal suaranya sangat Indonesia. Komplit. Sempurna,” kata Anang yang dalam final Rising Star Indonesia 2 sempat menyanyi bareng istrinya Ashanty.

Hal senada juga diungkapkan Judika Nalon Abadi Sihotang. Penyanyi yang juga merintis karier dari ajang pencarian bakat Indonesia Idol 2 ini menyebut, Anda punya modal yang kuat untuk bertahan di industri musik tanah air. “Salah satu kunci sukses di industri musik, menurut akum popnya harus kuat. Dan itu ada di Fauziyah,” kata Judika.

Meski Anda belum berhasil menyabet juara pertama Rising Star Indonesia 2, tapi banyak penggemar musik memprediksi gadis yang sering nervous saat melihat ayam ini bakal menjadi bintang musik tanah air. Apalagi, penyanyi sekelas Nazril Ilham alias Ariel Noah, pernah menyebut Anda sebagai penyanyi yang perfect. “Bisa jadi salah satu bintang nantinya yang bersinar,” puji Ariel.

Menariknya, walau banyak yang memuji dan mengagumi suaranya, tapi Anda tidak lupa diri. Pemilik nama lengkap Fauziyah Khalida yang berarti pintu kemenangan ini tetap bangga dengan kampung halamannya Payakumbuh. Kebanggaan itu pernah  diungkapkan Anda lewat lagu minang “Payokumbuah” yang dilantunkan dalam salah satu babak di ajang Rising Star Indonesia.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku yang menyaksikan penampilan Anda di babak final bersama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, serta Erwin Yunaz dan Ferizal Ridwan berharap, Anda terus mengasah bakatnya di dunia tarik suara.  “Payakumbuh bangga punya anak muda yang kreatif dan sangat berbakat di dunia musik seperti Anda,” kata Riza dan Irfendi senada. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Dituduh Makar, Sekjen FUI Ditangkap

Ulang Tahun SPSP Bertabur Hadiah