in

Geliatkan Potensi Wisata Tanahdatar

Gubernur Resmikan Emersia Hotel and Resort 

Emersia Hotel & Resort resmi hadir di Batusangkar, Tanahdatar. Kehadiran hotel berbintang empat ini akan memberi dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat termasuk geliat pariwisata.  

“Selama ini, kan (wisatawan menginap) cuma di Padang atau Bukittinggi. Sekarang ada alternatif baru, Tanahdatar. InsyaAllah daerah akan semakin cepat berkembang dan ekonomi masyarakat kita akan turut menggeliat,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat meresmikan Emersia Hotel & Resort, kemarin.

Momentum peresmian Emersia, Gubernur mengajak pengusaha-pengusaha asal Minang yang sukses di rantau untuk turut mengikuti langkah Owner Emersia Hotel dan Resort, Merry Wati berinvestasi dan menanamkan modalnya di Sumbar. ”Silakan. Kita, kampung halaman, masih membutuhkan investasi untuk membangun dan maju,” ajaknya.

Bagi pengusaha yang berminat berinvestasi di Sumbar, Gubernur komit memudahkan dan membantu mempercepat seluruh proses dan prosedur yang harus dipenuhi. 

“InsyaAllah, setiap yang mau datang ke Sumbar, kami siapkan karpet merah. Akan kami mudahkan dan kami bantu mempercepat seluruh proses administrasinya selama ikut aturan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Segala izin akan cepat keluar tanpa perlu pelicin,” tegasnya.

Irwan Prayitno juga menginstruksikan seluruh bupati/wali kota untuk melakukan hal serupa. “Bupati dan wali kota, kami pesankan, administrasi investasi agar dipermudah,” ajaknya.

Gubernur secara khusus berpesan kepada pemkab dan masyarakat Tanahdatar untuk menjaga nilai-nilai kearifan dan ramah-tamah khas masyarakat timur serta meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung. “Jadi, sekarang sudah ada hotel, dan Tanahdatar juga punya banyak destinasi. Sekarang, mari, kita tinggal tingkatkan pelayanan sehingga wisatawan nyaman berwisata ke sini, agar mereka bertahan di sini,” pintanya.

Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi menganalogikan Emersia sebagai lokomotif pemacu yang mendorong pihaknya untuk lebih giat menghidupkan potensi-potensi pariwisata yang dimilikinya. “Saya tidak akan lelah, saya imbau juga OPD untuk berpacu. Kita anggap hotel yang telah berdiri ini sebagai lokomotif. Gini, kalau nanti ke depan cuma satu hotel ini saja yang ada di Tanahdatar, berarti kita gagal membangun pariwisata kita,” terangnya.

Sementara itu, Owner Emersia Merry Wati  mengatakan Emersia Hotel akan membuat sesuatu yang lain dari hotel bintang yang ada di Sumbar dengan konsep yang berbeda pula. Yaitu mengedepankan unsur agama, budaya dan seni. Berbagai fasilitas yang ada akan tidak tampilkan melalui nuansa Islami, sehingga mereka yang berkunjung ke Tanahdatar akan datang kembali dan berkunjung ke Batusangkar.

”Kami berharap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno maupun Bupati Tanahdatar Irdinansyah merealisasikan janji dan memaparkan langkah-langkah sinergis yang akan ditempuh pemerintah daerah sebagai bentuk komitmen menciptakan iklim investasi yang menjanjikan di bidang pariwisata. Kami telah buatkan hotelnya, yang kami harapkan, jangan nanti malah destinasi wisatanya tidak dikelola atau dijaga dengan baik. Kami mohon pemerintah menempuh langkah-langkah sinergis bagi perkembangan pariwisata kita,” kata Merry. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pelaku Kejahatan Wajib Ganti Rugi Korban

Lakukan Penertiban Jaringan, PLN Minta Pengamanan ke Kodam IM