in

Gempa Darat dan Dangkal Guncang Bengkulu, Terasa hingga Pesisir Selatan

Gempa bumi dangkal berkekuatan magnitudo 4.0 mengguncang wilayah Bengkulu, Minggu (7/1/2024), pukul 14:40:25 WIB. (Grafis: BMKG)

PADEK.JAWAPOS.COM-Gempa bumi dangkal berkekuatan magnitudo 4.0 mengguncang wilayah Bengkulu, Minggu (7/1/2024), pukul 14:40:25 WIB. Pusat gempa berada di darat pada koordinat 2.98 LS – 101.53 BT, atau 64 kilometer tenggara Mukomuko. Kedalaman gempa 3 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa ini berdampak dan dirasakan di wilayah Mukomuko, Bengkulu Selatan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), dan II MMI di Pesisir Selatan, Sumbar (gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah Muko-muko yang memiliki kedalaman yang dangkal. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padangpanjang Sumbar Suaidi Ahadi, Minggu (5/1/2024).

Lebih lanjut Suaidi menginformasikan bahwa hingga pukul 15.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat, dia mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbaunya.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Januari 2024, Kantor Cabang BSI Seluruh Indonesia Layani Weekend Banking

Indonesia persiapkan diri dengan latihan jelang Malaysia Open 2024