in

Gempa Kembali Dirasakan di Bukittinggi, BMKG: Aktivitas di Segmen Sianok

Gempa tektonik berkekuatan 3,5 magnitudo dirasakan di Kota Bukittinggi, Minggu (18/9/2022)  pukul 13:46:45 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa atau episenter gempabumi berlokasi pada koordinat 0.35 LS dan 100.34 BT atau tepatnya di darat 5 km Baratdaya Bukittinggi, Sumbar pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera Segmen Sianok,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang Suaidi Ahadi dalam rilisnya, Minggu (18/9/2022).

Guncangan gempabumi ini dirasakan  di Bukittinggi dan Padangpanjang II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tambahnya.

Sampai pukul 14.11 WIB belum tercatat adanya gempabumi susulan. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” ingatnya.

Berdasarkan data BMKG, pada Jumat (16/9/2022) pukul 23:54:23 WIB juga terjadi gempa tektonik di Bukittinggi, Sumbar berkekuatan magnitudo M=2.9. berlokasi di darat 7 km BaratDaya Bukittinggi, Sumbar pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera Segmen Sianok.

Guncangan gempabumi ini dirasakan  di Bukittinggi II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.).

Sementara itu pada Sabtu (17/9/2022), BMKG juga menyampaikan telah terjadi gempa M2.8 pukul 19:51:20 WIB, berlokasi 14 km Baratlaut Payakumbuh-pada kedalaman 10 km.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemain Sangat Percaya Diri, Indonesia Lolos ke Final Piala AFC U-20

Agar Petani tak lagi Bakar Jerami, Pupuk Kaltim Gagas Program D’Komposer