in

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan K3 2022 kepada PT Semen Padang

Nur Anita Rahmawati mewakili PT Semen Padang saat menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar.

PT Semen Padang meraih penghargaan K3 2022 dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang diserahkan kepada manajemen PT Semen Padang diwakili Kepala Unit Humas & Kesekretariatan, Nur Anita Rahmawati, pada acara malam Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 yang digelar di The ZHM Premiere Padang, Kamis (23/6/2022).

Gubernur Mahyeldi Ansharullah yang juga Pembina K3 Sumbar mengatakan, ada 63 perusahaan dan industri di Sumbar yang mendapatkan penghargaan K3 dari Kemnaker RI. Dan, PT Semen Padang, adalah salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan. Dan tentunya, penghargaan ini merupakan bukti keseriusan dan kepedulian bersama.

Ia berharap prestasi ini ditingkatkan ke depan. Untuk itu, kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumbar maupun kabupaten/kota untuk dapat meningkatkan pengawasannya di lapangan, supaya hak-hak para pekerja dapat perhatian dari perusahaan tempat mereka bekerja.

“Rasulullah berpesan kepada kita agar kita memberikan hak-hak terhadap pekerja itu sebelum keringatnya kering. Jangan tunggu mereka minta dan jangan tunggu mereka demo. Kita harus sadari bahwa hak-hak mereka juga perlu dinaikan. Jika ini dilakukan, maka kami yakin dan percaya bahwa suasana yang produktif dan kondusif akan jadi jaminan bagi investasi di Sumbar,” katanya.

Penghargaan K3 ini, katanya, adalah suatu bukti adanya komitmen perusahaan dalam menjaga tenaga kerja, karena tenaga kerja adalah aset terpenting dalam perusahaan. Tenaga kerja bukanlah beban, melainkan investasi yang perlu terus ditingkatkan untuk masa depan yang lebih baik.

Momentum penghargaan K3 ini harus dijadikan sebagai penguat keharmonisan hubungan pengusaha dan pekerja. Sebab, hubungan industrial yang baik secara signifikan juga berpengaruh kepada produktivitas produksi dan operasional cost perusahaan.

“Pelaksanaan K3 harus terus ditingkatkan dan terus dievaluasi. K3 bersifat sangat dinamis, terus berubah mengikuti berkembang zaman. Karena pada prinsipnya, semua kecelakaan kerja dapat dicegah dan semua kecelakaan pasti ada penyebabnya,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Nur Anita Rahmawati mengatakan, keberhasilan perusahaan meraih penghargaan K3 yakni pada program Pencegahan dan Penanggulangan (P2) Covid-19 di Tempat Kerja, dan program P2 HIV/AIDS di Tempat Kerja.

“Baik penghargaan P2 Covid-19 dan HIV-AIDS, PT Semen Padang dinilai telah memberikan kontribusi penting dalam upaya pencegahan penyebarannya di tempat kerja,” kata Anita.

Kedua penghargaan dari Kemnaker RI dan Gubernur ini merupakan bagian dari program K3 yang bertujuan untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja maupun gangguan kesehatan lainnya. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Genius Umar Sambangi Ridwan Kamil, Sampaikan Belasungkawa Warga Pariaman

P2 Covid-19 dan P2 HIV-AIDS, Semen Padang Raih Penghargaan Kemnaker RI