in

Hadir di iPhone, Google Assistant Adu Cerdas dengan Siri

Sebagai fitur asisten, iPhone memiliki Siri yang pertama kali muncul di iPhone 4S. Namun Siri kini tak lagi sendiri sebagai asisten digital di iPhone setelah Google mengumumkan Google Assistant tersedia untuk perangkat iOS. Dalam konferensi Google I/O di Mountain View, Amerika Serikat, perusahaan yang dipimpin Sundar Pichai itu resmi merilis Google Assistant ke iOS sebagai aplikasi terpisah dari mesin pencari. 

Mengutip laporan The Verge, sebagai aplikasi Assistant nampaknya belum bisa menandingi kemampuan Siri di iPhone. Google mengakui Assistant yang mereka luncurkan untuk iPhone tidak akan sehebat di perangkat berbasis Android. Google beralasan ada keterbatasan API yang memaksa Assistant untuk melakukan pekerjaan yang sederhana saja seperti mengirim iMessage dan memutar lagu di Spotify. Bahkan aplikasi cerdas Google itu tidak bisa memasang alarm.

Di samping itu, akses ke aplikasi Google Assistant makin sulit karena seperti diketahui tombol ‘Home’ di iPhone hanya untuk Siri. Posisi itu menyulitkan Assistant menunjukkan kebolehannya bagi pengguna iPhone. Aplikasi Google Assistant sudah tersedia di App Store sejak 17 Mei atau bertepatan dengan pengumuman di I/O. Untuk sementara Assistant baru ada di Amerika Serikat saja. Belum ada informasi lebih lanjut kapan aplikasi tersebut akan tersedia untuk wilayah lain.

Google Assistant pertama kali muncul di ponsel Pixel pada tahun lalu. Semenjak kemunculannya, Assistant menggusur aplikasi asisten digital Google sebelumnya yakni Google Now. 

Saat ini Assistant bisa ditemukan di hampir semua perangkat Android dengan versi Marshmallow dan Nougat. Sebagai ‘pelayan digital’, aplikasi itu punya kebolehan yang mirip dengan Siri seperti menjawab pertanyaan, mengirim pesan, dan melakukan tugas-tugas sederhana di ponsel. Namun sebagai asisten digital di ponsel banyak yang menilai cara kerja Google Assistant lebih baik ketimbang Siri.

Google tidak berencana membuat iPhone sebagai tujuan akhir Google Assistant. Mereka berambisi menyuntik kecerdasan buatan mereka ini ke berbagai perangkat digital lain. Bloomberg melaporkan bahwa Google Assistant akan muncul di peralatan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci dan oven.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Real Madrid Gusur Barcelona di Puncak Klasemen

Drama Baru Lee Jong Suk dan Bae Suzy Berharap Tuai ‘Rating’