in

Harga Ring Jantung di Tiongkok Turun Hingga 90 Persen Berkat Pembelian Terpusat

TIANJIN,- Coronary stent atau ring jantung, yang harga satuannya bisa mencapai lebih dari 10.000 yuan (1 yuan = Rp2.166), diperkirakan akan tersedia di rumah-rumah sakit di  Tiongkok dengan harga hanya sekitar 1.000 yuan untuk pengobatan penyakit jantung koroner.

Perkiraan itu muncul dari hasil putaran awal program pengadaan terpusat oleh pemerintah China untuk komoditas medis bernilai tinggi, yang diluncurkan pada Kamis (5/11) di Kota Tianjin, China utara.

Sepuluh jenis ring jantung yang sukses mengikuti tender pengadaan itu mengalami penyusutan harga menjadi sekitar 700 yuan dari sekitar 13.000 yuan, menurut kantor yang bertanggung jawab untuk program tersebut.

Program itu mencakup produk-produk utama yang saat ini banyak digunakan oleh lembaga kesehatan, yang jumlahnya mencapai 70 persen lebih dari volume pembelian yang direncanakan oleh lembaga tersebut.

Harga rata-rata untuk produk serupa dari perusahaan yang sama anjlok 93 persen dari 2019. Penurunan harga rata-rata untuk produk buatan dalam negeri mencapai 92 persen, sementara produk impor turun 95 persen.

Diperkirakan penurunan harga akibat pembelian terpusat ini akan menghemat biaya pengeluaran pasien sekitar 10,9 miliar yuan.ant/P-4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mampu Beradaptasi, Kepala Bappenas Optimistis Perekonomian Indonesia Makin Baik

“Jangan Ada Image Setiap Pergantin Presiden dan Menteri Kurikulum di Ganti”