in

Hati-hati Adalah Salah Satu Cara Terbaik Untuk Menjaga Diri Kita

Menjaga diri itu di perlukan demi untuk memperoleh hidup yang aman dan damai. Kita bisa saja hidup seenak hati kita saja, tapi apakah kita sanggup untuk menanggung semua akibatnya. Karena setelah di suguhkan dengan berbagai macam masalah, kita juga yang akhirnya akan mengalami kesulitan karenanya. Sebab hidup itu memang butuh aturan, agar kita bisa hidup tenang, dan orang lain tak ada yang di rugikan. Kelihatannya memang sederhana, tapi di saat ingin melakukannya kita sering kali terpengaruh oleh hal apapun sehingga kita tak bisa mengontrol diri kita.

Ketika kita salah dalam bertutur kata, orang lain mungkin akan tersinggung karena perkataan kita. Yang akan membuat dirinya sakit hati. Maka yang harus kita lakukan adalah dengan cara meminta maaf. Meskipun mereka tahu bahwa Tuhan pun maha Pemaaf, tapi terkadang memaafkan itu tidak mudah bagi mereka, karena hati setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, menjaga kata-kata yang akan keluar dari mulut kita itu lebih penting karena kata maaf belum tentu akan bisa menyelesaikan suatu masalah.

Selain menjaga tingkah laku, menjaga perkataan itu juga tak kalah pentingnya. Karena semua itu adalah salah satu dari beberapa faktor untuk memperoleh hidup yang sejahtera, aman dan terjaga. Tanpa harus menyakiti orang lain yang mungkin akan berujung pada balas dendam. Kita tahu sendiri bukan jika seseorang sudah memutuskan untuk balas dendam, itu berarti sakit hati yang telah dia rasakan sudah begitu dalamnya hingga tak tertahankan lagi. Meskipun kata maaf telah terucap, tapi kata maaf belum tentu akan menyelesaikan suatu masalah.

Hati-hati adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga diri kita

Hati-hati adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga diri kita. Memang, ketika kita bisa berhati-hati menjaga tingkah laku dan juga lisan kita, maka tidak akan ada pihak lain yang merasa di rugikan baik itu karena ulah kita atau karena kata-kata kita. Kata orang, jika kita tak bisa berbuat baik kepada orang lain, maka setidaknya kita jangan usik hidup mereka. Sebenarnya berbuat baik untuk orang lain itu sangat mudah. Tapi jika hati kita sendiri terasa berat untuk berbuat baik, maka lakukan saja hal yang lebih mudah dengan cara berhati-hati.

Jangan anggap enteng orang yang sudah sakit hati. Karena jika dia telah memutuskan untuk balas dendam, maka tak ada orang lain yang dapat mencegahnya. Meskipun tujuan orang balas dendam adalah untuk memperingatkan bahwa tindakan yang telah kita lakukan terhadapnya itu salah, namun balas dendam yang di lakukan secara berlebihan juga akan membuat kita lebih di rugikan lagi. Tentunya kita tak mau jika hal itu terjadi bukan?, makanya hati-hati itu penting.

Baca Juga: Terkadang Menangis Adalah Cara Yang Tepat Untuk Membuat Hati Kita Tenang

Saat kita sedang emosi, diam itu mungkin lebih baik bagi kita 

Ketika seseorang sedang di landa emosi yang begitu meluap, maka dia bisa melakukan apa saja yang berada di luar kendali dirinya. Mungkin itu bisa jadi berkata kasar yang tanpa dia sadar kata-katanya itu akan sampai menyakiti orang lain. Baginya mungkin itu biasa saja, tapi bagi orang lain akan terasa menyayat hati. Maka dari itu, saat kita sedang emosi, diam itu mungkin lebih baik bagi kita. Karena sekali mengeluarkan kata-kata, maka kita yang sedang emosi tak bisa membedakan mana kata yang pantas dan tidak untuk kita ucapkan. 

What do you think?

Written by virgo

Jika Kamu Tak Tampan, Maka Jadilah Pria Mapan

Kopitiam negeri jiran tawarkan hidangan selat Malaka