in ,

IAPI Padang Edukasi Kader PKK Soal Pencegahan Kanker Serviks

Ikatan Ahli Patologi Indonesia (IAPI) Cabang Padang memberikan penyuluhan kesehatan deteksi dini kanker serviks kepada ibu-ibu PKK Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis (3/11).

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara International Pathology Day atau hari Patologi Sedunia tahun 2022.

Ketua IAPI Cabang Padang, dr Pamelia Mayorita SpPA, mengatakan berdasarkan data Kemenkes RI tahun 2020, kasus kanker serviks (leher rahim) menempati urutan kedua dari seluruh kasus kanker di Indonesia.

Penderita kanker serviks biasanya datang ke rumah sakit telah dalam kondisi stadium lanjut. ”Salah satu penyebab terlambatnya tatalaksana penyakit ini adalah karena ketidaktahuan panderita tentang gejala kanker serviks,” ujar dr. Pamelia Mayorita, SpPA.

Oleh karena itu, penting sekali mengetahui gejala-gejala kanker serviks dan melakukan deteksi dini secara rutin untuk wanita seperti tes IVA, papsmear maupun pemeriksaan HPV DNA.

Penyuluhan kesehatan ini dihadiri oleh 300 orang ibu-ibu PKK seluruh kelurahan di Kota Padang. Para peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti penyuluhan ini. Ini terlihat dari respon peserta pengajukan berbagai pertanyaan.

Setelah kegiatan ini, lanjutnya, pada tanggal 12 November 2022 akan dilakukan tindak lanjut deteksi dini kanker serviks berupa pemeriksaan papsmear.

Pemeriksaan papsmear direncanakan dilakukan di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. ”Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan kita semua, khususnya kaum perempuan terhadap pencegahan kanker serviks,” harapnya. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemko Bakal Berangkatkan Tujuh Calon Pekerja Migran ke Jepang

Ferrari Michael Schumacher Dilelang di Sotheby’s Jenewa