in

Ikan dari Zaman Dinosaurus Ditemukan Masih Hidup

PROHABA.CO – Sekelompok pemburu hiu Afrika Selatan tanpa sengaja menemukan populasi ikan yang diyakini telah lama punah oleh komunitas ilmiah.

Populasi ikan tersebut bukan hewan laut biasa karena ikan ini diketahui sudah hidup di zaman dinosaurus.

Ikan coelacanth atau yang dikenal sebagai ikan fosil berkaki empat diketahui sudah eksis di lautan planet ini 420 juta tahun lalu.

Kini, dalam sebuah laporan terbaru, coelacanth ditemukan hidup dengan sehat di Samudra Hindia Barat di lepas Pantai Madagaskar.

Mengutip Newsweek, Selasa (25/5/2021) keberadaan coelacanth ini kembali terdeteksi berkat nelayan yang menggunakan jaring dalam ekspedisi berburu hiu.

Jaring berteknologi tinggi yang seharusnya digunakan untuk menangkap hiu itu mencapai tempat berkumpulnya ikan coelacanth yang berada di 100 hingga 150 meter di bawah permukaan air.

Mengutip Gizmodo, bukti keberadaan ikan coelacanth ini sebenarnya diketahui pertama kali pada tahun 1938.

Saat itu, sekelompok nelayan juga menemukan ikan purba tersebut.