in

Ikatan Luhak Nan Tuo Bali Bantu Tanahdatar

Batusangkar, padek—Ikatan Luhak Nan Tuo Bali berikan santunan untuk 100 orang anak yatim di Ketiga Nagari di Kecamatan  Lima Kaum.

Bantuan untuk anak yatim tersebut diserahkan ketua perantau Ikatan Luhak Nan Tuo Bali  Nasrizal Chaniago disaksikan Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma di Mesjid Al Ikhlas Dusun Tuo.

Sedangkan bantuan yang diberikan  tersebut masing masing anak yatim mendapatkan bantuan sebesar Rp 100.000 per orang, disamping bingkisan kain sarung sedangkan buka bersama juga dibiayai seluruhnya oleh perantau.

“Alhamdulillah, kami Ikatan Perantau Limo Kaum yang berada di Bali, tahun ini bisa ikut  pulang basamo dan menyisihkan sedikit dana untuk berbuka bersama dengan 100 anak yatim dan memberikan paket 1 buah kain sarung ditambah uang tunai” dan  semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi yang menerima. “Jangan dilihat dari jumlahnya, namun lihatlah dari niat kami, semoga bermanfaat dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya” harap Nasrizal

Sementara mereka yang tinggal di Bali seluruhnya berjumlah sebanyak 40 kepala Keluarga dan setiap tahun mereka selalu menyempatkan diri pulang kekampung dan pada pulang kampun saat ini, sengaja mereka mencarter bus selama 10 hari perjalanan dari Bali sampai ke Batusangkar dan mereka juga akan ikut dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan pulang basamo perantau se Nusantara.

Kemudian kegiatan lain mereka juga akan melaksanakan gotong bersama dengan masyarakat sebagai bentuk rasa kebersamaan mereka berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan dikampung halaman
Sementata itu Wakil bupati  Zuldafri Darma menyampaikan, apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada perantau yang telah menyisihkan hartanya untuk saling berbagi dengan masyarakat di kampung halaman. “Alhamdulillah, apresiasi dan terima kasih saya sampaikan atas niat baik para perantau, semoga dapat balasan setimpal oleh Allah SWT” ujarnya.

“Pemerintah Daerah karena keterbatasan dana pada APBD, tidak semua bisa dibantu dan dibangun sekaligus, namun bertahap. Nah kalau ada perantau yang bisa langsung membantu dan laksanakan pembangunan untuk kampung halamannya, tentu secara tidak langsung juga membantu pemerintah daerah” sebagaimana yang telah dilakukan oleh perantau bali.

Buka Puasa Bersama

Sebelumnya, Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darna bersama istri buka bersama dengan warga dusun Tuo Lima Kaum dan buko persama ini diperakasai oleh Perantau Ikatan Keluarga Luhak Nan Tuo yang ada di Bali.

Tidak itu saja dalam dalam rangkaian buka bersama tersebut perantau dari Ikatan Keluarga Luhak Nan Tuo  Bali  yang lebaran dikampung juga memberikan santunan  untuk 100 orang anak yatim yang tersebar di tiga Nagari masing masing Nagari Lima Kaum, Nagari Parambahan dan Nagari Cubadak dan buka bersama itu juga didampingi Kadis Badan Keuangan Daerah Hendri, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Abrar, Kabid IKP Kominfo Mustafa akmal, Kabag Humas Syahril, beberapa OPD lainnya, Camat Lima Kaum Afrizal, Wali Nagari dan tokoh masyarakat lainnya.

Zuldafri mengakui  Ia bersama istri sengaja memilih berbuka dan melaksanakan TSR di masjid ini, walau ada jadwal lain yang tidak kalah pentingnya karena  diundang berbuka bersama dengan sanak famili yang lain,

Di samping itu Zuldafri mengaku sangat bangga kepada pengurus dan masyarakat di sekitar masjid Al Ikhlas, karena tetap melakukan kegiatan keagamaan. “Masjid ini terus saya pantau perkembangannya, dan Alhamdulillah generasi muda bersama pengurus masjid tetap giat laksanakan program keagamaan dan juga kegiatan sosial” .

Disamping itu Wabup juga mengingatkan agar masyarakat juga berhati-hati dengan ajaran sesat yang semakin marak ditengah masyarakat. “Kita harus mawas diri dan meningkatkan pengetahuan kita terhadap agama Islam, sehingga ketika ada pemahaman yang menyimpang yang disyiarkan oknum-oknum, kita tidak terpengaruh dan tetap berpedoman kepada ajaran Islam yang sebenarnya”

Sementara itu Wali Nagari Lima Kaum Gusrial bersama Camat Lima Kaum Afrizal menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan menjadikan masjid Al Ikhlas sebagai kunjungan terakhir TSR Khusus. “tidak mudah memperoleh kesempatan untuk jadi tujuan kunjungan TSR, karena begitu banyak mushalla dan masjid yang berkeinginan yang sama, namun Alhamdulillah ternyata perhatian pak Wabup kepada kita tidak berubah semenjak dahulu, yang selalu siap sedia kalau Lima Kaum butuh bantuan” .

” Kemudian juga menyampaikan terima kasih  nama perantau dusun tuo yang kali ini pulang sekitar 40 orang, . Dan alhamdulillah para perantau disamping berbuka bersama dan santuni anak yatim, juga membantu perbaikan ruas jalan sepanjang 750 M yang menghubungkan Kubang dengan Simpang Manunggal, dan tentu ke depan kami juga harap bantuan dari Pemda Tanah Datar juga” dalam kegiatan itu juga. Wabup serahkan bantuan uang Rp.10 juta, bantuan Al Qur’an 10 buah dan 1 paket buku bacaan tentang Islam kepada pengurus masjid. (*)

(*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Perantau disambut secara khusus di Indo Jalito Batusangkar

Genjot Pariwisata, Kabupaten Bolmut Terapkan Formula 3A ala Arief Yahya