in

Inilah 12 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Diminati Wisatawan

Dari aspek kepariwisataannya, Jakarta memiliki sejumlah obyek wisata terkenal, baik itu wisata pantai di Jakarta, wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Saat berwisata di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Jakarta.

Jakarta memang memiliki tantangan akan kondisi banjir serta tingkat kemacetan lalu lintas yang tinggi. Tetapi, perkembangan terbaru menunjukkan adanya keseriusan pemerintah DKI Jakarta untuk membenahi berbagai persoalan tersebut.

Tak kalah dari itu, Pemda DKI Jakarta juga menargetkan pertumbuhan kunjungan wisatawan setiap tahun ke Jakarta. Hari demi hari, kondisi perjalanan wisata di Jakarta semakin mengasyikkan. Bagi Anda yang sedang liburan, ada sejumlah oleh-oleh khas Betawi yang memang hanya dapat ditemukan di Jakarta saja. Oleh-oleh ini pada umumnya berbentuk kuliner khas Jakarta.

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah oleh-oleh khas Jakarta yang paling populer di kalangan penikmat perjalanan yang patut Anda ketahui.

1. Kerak Telor

Jakarta identik dengan Kerak Telor. Kuliner khas Betawi ini sudah menjadi trade mark-nya Jakarta. Tidak ada pedagang di daerah lain yang menjual Kerak Telor. Jika ingin mencicipinya, tentu saja Anda harus datang ke Jakarta terlebih dahulu. Kerak Telor adalah makanan tradisional Betawi yang cukup digemari, khususnya bagi warga Jakarta. Selain rasanya yang khas, proses pembuatannya yang unik kerap menjadi daya tarik tersendiri.

Kudapan Kerak Telor khas Jakarta

Kudapan Kerak Telor khas Jakarta via newsfloods.wordpress.com

Sayangnya, kini Kerak Telor lambat laun menjadi kuliner yang langka karena jarang yang menjual makanan khas ini di hari-hari biasa. Jika kita ingin membeli kudapan khas Betawi ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah, Anda dapat datang ke Jakarta bertepatan dengan diselenggarakannya even Pekan Raya Jakarta (PRJ). Biasanya, ada beberapa stand yang menjual Kerak Telor. Atau, jika beruntung Anda dapat menemukan penjual Kerak Telor di kawasan wisata Setu Babakan di Jagakarsa atau di kawasan Kota Tua Jakarta.

2. Kue Geplak

Sama seperti Kerak Telor, Kue Geplak adalah makanan tradisional khas Betawi yang kini mulai langka. Meskipun banyak penjual kue khas Betawi, namun jarang dijumpai Kue Geplak diantara berbagai jenis kue yang ditawarkan. Jika Anda ingin membelinya untuk oleh-oleh, datang saja ke Bintaro. Di daerah ini, masih terdapat beberapa home industry yang memproduksi Kue Geplak meski hanya dalam skala kecil.

Kue Geplak khas Betawi

Kue Geplak khas Betawi via indonesiakaya.com

Kue Geplak memiliki rasa manis yang dominan, tekturnya lembut, dan sering digunakan untuk serah-serahan dalam acara adat pernikahan masyarakat Betawi. Kue ini terbuat dari beras dengan dominasi warna putih dan cokelat. Proses pembuatannya cukup mudah. Makanan yang juga merupakan oleh–oleh khas Jakarta ini dinamakan sebagai Kue Geplak karena proses meratakan adonannya menggunakan tangan dengan cara dipukul atau ditepuk-tepuk.

3. Roti Buaya

Makanan khas dari Betawi ini dinamakan roti buaya karena ukurannya yang super jumbo. Seperti halnya Kue Geplak, Roti Buaya biasanya muncul pada acara pernikahan yang mengggunakan adat Betawi dimana mempelai laki-laki membawa Roti Buaya sebagai salah satu bagian dari seserahan.

Roti Buaya khas Betawi

Roti Buaya khas Betawi via wikipedia.org

Menurut budaya Betawi, Roti buaya adalah lambang kesetiaan. Masyarakat Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali seumur hidup. Ini menjadi simbol mempelai lelaki yang harus memiliki karakter dan sifat penyayang dan setia seumur hidup. Berbeda dari Kue Geplak yang terbialng sulit ditemukan, Roti Buaya cukup mudah ditemukan di beberapa pusat makanan dan oleh-oleh khas Jakarta.

4. Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang termasuk salah satu makanan khas Betawi meski kenyataannya makanan ini juga sering dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Di daerah Sumatera, kue ini populer dengan sebutan Kembang Loyang, sementara di Jawa Timur terkenal dengan sebutan Mentari. Di Bali, Kembang Goyang menjadi bagian dari sesaji dalam ritual keagamaan.

Kembang Goyang khas Betawi

Kembang Goyang khas Betawi via beritakebonbaru.blogspot.co.id

Kue Kembang Goyang khas Betawi ini memiliki bentuk yang khas menyerupai bunga matahari. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras ditambah gula pasir, telur, dan vanilli dengan aroma khas karena ditambah perasan air jahe.

5. Dodol Betawi

Oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini adalah jajanan yang wajib dibeli sepulang dari Jakarta. Dodol Betawi sebenarnya termasuk varian dodol sebagaimana pada umumnya, hanya saja Dodol Betawi terbuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, dan durian.

Dodol Betawi khas Jakarta

Dodol Betawi khas Jakarta via makanankhasjakarta.wordpress.com

Bahan-bahan dan proses pembuatannya sangat rumit, jadi wajar jika Dodol Betawi ini cukup sulit ditemukan di toko kue. Biasanya, makanan ini mudah dijumpai pada acara pernikahan, pesta syukuran, saat bulan Ramadhan, Hari Idul Fitri, maupun perayaan Idul Adha. Menjelang hari raya Lebaran, Dodol Betawi terbilang sangat laris dibeli masyarakat.

What do you think?

Written by virgo

Kunjungi 10 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Populer Dikunjungi

Sutanto: Uang Rp 100 Juta Bentuk Ungkapan Terima Kasih