in

7 Destinasi Wisata Edukasi Di Yogyakarta Yang Paling Rekomendasi

Ketika liburan di wisata Yogyakarta tak sekedar wisata alam saja loh, namun wisata-wisata edukasi sebagai media pembelajaran menyenangkan juga ada di sini. Status sebagai Kota Pelajar, memiliki sejumlah destinasi wisata edukasi menarik dikunjungi, bisa lah dikatakan objek wisata tersebut paling sesuai bagi semua kalangan untuk mendapatkan ilmu selain materi-materi formal diajarkan sekolah. Sehingga tak sekedar liburan saja, melainkan juga membawa ilmu pengetahuan baru.

Sekian banyak tempat rekreasi keluarga di Jogja, tempat-tempat berikut dapat dikatakan menyandang wisata edukasi. Rata-rata letak lokasi wisata tak jauh dari pusat kota Jogja, sehingga tak membutuhkan waktu lama agar sampai ke lokasi wisata. Nah berikut referensi destinasi wisata edukasi di Yogyakarta, mungkin bisa dimasukkan ke dalam agenda liburan pada musim liburan.


Taman Pintar Jogja

Pasti sudah pada  tahu ya sob Jalan Malioboro, bila posisi sobat sekarang berada di situ silahkan berkunjung ke wisata taman pintar. Ya lokasi wisata kurang lebih hanya 200 meter saja dari titik nol Jogja. Taman pintar merupakan pusat ilmu pengetahuan dikemas semenarik mungkin. Cocok lah dijadikan sebagai tempat bersantai, sembari menambah ilmu pengetahuan si anak.

Setidaknya terdapat enam wahana memperagakan beragam konsep diantaranya seperti ilmu sejarah, ilmu antariksa, ilmu sains, pengetahuan modern hingga penanggulangan bencana alam. Berada di sini seperti berada di laboratorium besar, memungkinan anak berkreasi dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan beragam wahana edukasi serta fasilitas pendukung lainnya.

Museum Affendi Jogja

Objek wisata museum Jogja ini merupakan salah satu museum unik di Indonesia loh. Di dalam museum dipenuhi oleh berbagai karya lukisan sang maestro Affendi. Museum berlokasi di Jalan Laksamana Adi Soetjipto nomor 167, begitu ramai dikunjungi oleh pengunjung ketika memasuki musim liburan. Di sini pengunjung bakal disuguhkan banyak sekali lukisan-lukisan karya seniman populer dalam negeri. Bagi sobat menyukai dunia seni, maka tempat seperti ini wajib dikunjungi.

Jika sobat datang bersama anak, maka secara tidak langsung memperkenalkan dunia kesenia kepada nya. Ilmu kesenian sangat bermanfaat tumbuh kembang anak, jadi selain mendapatkan liburan menyenangkan, orang tua bisa mengajarkan anak belajar dan lebih mengenal dunia kesenian. Museum Affendi Jogja terbagi menjadi 3 bagian utama, tiap-tiap bagian tetap menampilkan koleksi sang maestro, hanya saja tiap bagian memiliki corak lukisan berbeda-beda.

Keraton Jogja

Jika liburan ke Kota Jogja, tanpa berkunjung ke Keraton rasanya seperti kurang komplit. Sebagai pusat destinasi wisata budaya di Yogyakarta, keberadaan Keraton begitu vital perannya. Bahkan keberadaan Keraton dijadikan simbol utama bagi masayarakat Jogja. Ketika berkunjung ke sini, pengunjung bakal disuguhi suasana nyaman tapi terasa sakral. Aktivitas para abdi dalam hilir mudik menjadi salah satu hal penting di Keraton. Di dalam wisata Keraton Yogyakarta, sobat bakal menemui banyak ruang pameran seputar ilmu-ilmu sejarah Jogja dan Indonesia.

Menurut informasi beredar, kalau tiap harinya Keraton sering mengadakan pertunjukan kesenian. Dimana pertunjukan kesenian tersebut dilaksanakan di salah satu bangsal dekat pintu masuk. Petunjukan kesenian tersebut bertujuan agar lebih melestarikan dan mengenalkan kembali budaya Jawa kepada pengunjung. Walaupun pertunjukan diadakan tiap hari, tapi keseniannya berbeda-beda sehingga membuat pengunjung tak merasa bosan.

Museum Anak Kolong Tangga

Tentu setiap anak sangat menyukai mainan, ya di taman budaya lokasinya persis dibelakang taman pintar terdapat museum permainan pertama di Indonesia. Di museum Jogja ini, pengunjung menjumpai ratusan mainan buatan karya anak bangsa di seluruh Indonesia dan karya anak-anak di luar negeri.

Tujuan menampilkan mainan tradisonal, agar anak-anak jaman sekarang tak lupa dengan budaya dulu. Seperti kita ketahui di era jaman serba modern membuat anak lebih menyukai mainan gadget ketimbang mainan-mainan tradisional. Selain itu keberadaan mainan tradisional bisa menjadi alternatif mainan anak. Sehingga menciptkan anak tak hanya suka bermain gadget saja.

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang terbesar dan teruta di Yogyakarta Gemberia Loka pada awal pembangunannya diperkasai oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Kala itu sang raja ingin menyediakan tempat hiburan bagi rakyat Jogja. Nah baru lah pada tahun 1933, arsitek Austria mulai membangun kebun binantang hingga sampai sekarang kebun binantang Gembira Loka Jogja begitu diminati oleh pengunjung, terutama sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi wisatawa keluarga.

Berada di lahan seluas 20 hektar, terdapat setidaknya lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora. Tak cuman sebagai tempat tinggal berbagai jenis satwa saja, tetapi juga terdapat taman bermain dan wahana tirta diantaranya seperti perahu mataram, speed boat, bumber boat, banana orca coat, tangkap ikan bahkan jet ski pun ada di sini dan masih banyak wahana menarik lainnya. Berbagai kegiatan pun juga ada loh kawan boombastis seperti atraksi lumba-lumba, penguin dan reptil.

Museum Monjali Yogyakarta

Bila sobat pecinta ilmu sejarah, maka berkunjung ke museum Monjali bisa dijadikan referensi wisata edukasi menyenangkan. Monumen Jogja Kembali merupakan monumen sejarah perjuangan para pahlawan ketika itu mempertahkan kemerdekaan Indonesia. Monumen Jogja ini berada di Jalan Ringroad Utara Jogja, terdiri dari 3 bagian menampilkan relief dan benda-benda menggambarkan bagaimana pahlwan kala itu berjuang pada kurun waktu 1945 hingga 1949.

Hal menarik dari bangunan monjali yakni tepat di puncak bangunan yang disebut sebagai Garbha Graha terdapat sebuah bukti fisik dari pahlawan, sehingga para pengunjung dapat merenungi segala perjuangan pahlawan mempertahkan kemerndekaan. Dengan berkunjung ke Monumen Jogja Kembali, pengunjung dapat memupuk kembali rasa nasionalisme dan memperoleh pembelajaran seputar nilai patriotisme.

Desa Wisata Batik Kayu Krebet

Pernah membayangkan kalau kayu bisa juga loh dibuat motif batik, jadi tak cuman kain aja bisa dibuat karya seni batik. Hasil kerajinan dihasilkan pun beragam misal furniture, akseosris dan alat-alat kesenian. Desa wisata Jogja ini berada di Dusun Krebet, Desa Sedangsari, Kecamatan Pajang, Kabupaten Bantul, menarik dikunjungi lantaran menawarkan berbagai karya seni kepada wisatawan serta pengunjung menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik kayu tersebut. Jadi selain menambah wawasan kesenian, juga bisa loh memicu mendapatkan ide-ide baru kreatif.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pelantikan Anggota DPRD Baru Belum Jelas

Komedian Agung Hercules Meninggal Dunia