in

Inilah 15 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Paling Disukai Wisatawan

Kota Surabaya juga terkenal dengan keragaman kulinernya yang khas. Ada banyak tempat wisata kuliner di Surabaya yang tersebar di sejumlah tempat dan selalu diburu para penikmat kuliner Nusantara.

Tak kalah dengan Jogjakarta, Surabaya juga menyimpan sejumlah wisata kuliner yang unik. Anda akan memperoleh pengalaman kuliner yang seru di kota metropolitan terbesar ke-2 di Indonesia ini.

Kota Surabaya seolah tak pernah tidur, dalam 24 jam selalu ada aktivitas di kota ini, baik mereka yang bekerja shift malam, atau mereka yang sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu santai hingga menikmati malam dengan makan.

Wisata Kuliner di Surabaya

Ada beberapa tempat wisata kuliner di Surabaya paling populer. Populer tidaklah selalu berarti tempat tersebut mewah dengan menu makanan yang serba mahal. Tetapi, lebih pada karakteristik yang khas dengan menu-menu yang unik.

1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Perjalanan wisata kuliner di Surabaya kali ini dimulai dari Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Rujak Cingur memang kuliner asli Surabaya dan telah begitu populer di kalangan wisatawan domestik dan luar negeri. Kuliner ini sebenarnya adalah rujak biasa, namun yang membuatnya istimewa adalah campuran Cingur (kulit sapi) yang menghadirkan rasa rujak yang khas.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz di Surabaya via ksmtour.com

Rujak Cingur Ahmad Jaiz selain terkenal dengan bumbu kacangnya yang kental, Cingurnya juga kenyal, lebih empuk dan tidak lembek. Terlebih lagi perpaduan komposisi bumbu-bumbunya benar-benar pas sehingga terasa mantap di lidah.

Alamat Rujak Cingur Ahmad Jaiz: Jl. Achmad Jais No. 40 Wonokromo, Surabaya

2. Nasi Bebek Cak Yudi

Dari Rujak Cingur Ahmad Jaiz Anda lanjutkan wisata kuliner ke lokasi Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi. Hampir semua warga Surabaya mengenal tempat kuliner ini. Tidak hanya terkenal dengan sajian daging bebek yang gurih dan empuk, namun Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi sangat populer dengan sambal pencit (sambal mangga muda) yang rasanya tidak ada duanya.

Nasi Bebek Cak Yudi, Surabaya via foursquare.com

Jika tempat wisata kuliner lain buka sampai 24 jam, Nasi Bebek “Sayang Anak” Cak Yudi ini hanya buka 3 jam saja, yakni mulai pukul 15.00 – 18.00 WIB. Jika ingin menikmati sajian kuliner nasi bebek yang lezat, Anda harus segera meluncur ke lokasi di jam-jam tersebut sebelum kehabisan.

Alamat Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi: Jl. Kepanjen (Jl. Kebon Rojo), Surabaya

3. Rawon Pak Pangat

Rawon memang identik dengan Surabaya. Hampir setiap rumah makan menyediakan menu kuliner ini. Namun untuk rekomendasi rawon paling enak, kelihatannya hanya Rawon Pak Pangat yang terletak di Darmo Trade Wonokromo dengan salah satu cabangnya di kawasan Ketintang Baru Selatan yang patut diajukan.

Rawon Pak Pangat, Surabaya via titofebrian.com

Rawon Pak Pangat memang lain daripada yang lain. Tak hanya suwiran daging empalnya yang empuk, namun perpaduan kuahnya juga menciptakan sensasi rasa yang enak dan tidak eneg karena tidak banyak mengandung lemak. Ada dua menu rawon yang tersedia, yaitu nasi rawon campur dan nasi rawon krengsengan dengan rasa sama-sama lezat. Dengan harga hanya Rp 8 ribu per porsi, kuliner Surabaya yang satu ini terlalu sayang untuk dilewatkan.

Alamat Rawon Pak Pangat: (Ruko Lotus) Jalan Ketintang Baru Selatan I/15 Surabaya, Darmo Trade Center, Wonokromo, Surabaya

4. Nasi Empal Pengampon

Wisata kuliner di Surabaya memang terkenal dengan cita rasa gurihnya, termasuk Nasi Empal Pengampon. Rasanya yang khas membuat sajian unik ini banyak diburu oleh pecinta kuliner di Surabaya atau dari luar Surabaya.

Perpaduan nasi putih yang pulen, empal suwir, kering tempe, tumis kacang panjang, lalapan timun lengkap dengan sambal dan daun kemangi membuat Nasi Empal Pengampon menjadi satu-satunya kuliner paling lengkap baik dari sisi bahan, bentuk, dan rasa.

Nasi Empal Pengampon, Surabaya via laurentiadewi.com

Ciri khas Nasi Empal Pengampon adalah rasa daging empal yang gurih, namun cenderung manis. Wisata kuliner yang terletak di kawasan Pengampon ini buka mulai dari pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harganya cukup bersahabat dan dijamin tidak menguras kantong.

Alamat Nasi Empal Pengampon: Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya

5. Tahu Campur Kalasan

Tak hanya Lamongan yang populer dengan tahu campur, Surabaya juga memiliki tempat wisata kuliner dengan menu tahu campur, yaitu Tahu Campur Kalasan. Dari masa ke masa, tahu campur memang tetap menjadi favorit bagi penggemarnya. Kuliner yang satu ini terdiri dari daging dan jeroan sapi, tahu goreng, perkedel, dipadukan dengan sayur selada, dan bumbu-bumbu kental.

Tahu Campur Kalasan, Surabaya via bisnisumi.com

Tahu Campur Kalasan yang ada di kawasaan Tambaksari ini menyajikan menu tahu campur yang benar-benar spesial. Harganya juga sangat murah, hanya dengan Rp 10 ribu saja Anda sudah bisa menikmati satu porsi tahu campur yang lezat. Penasaran dengan menu kuliner yang satu ini? Segera meluncur ke lokasi karena tempat ini hanya buka dari sore hingga jam 10 malam.

Alamat Tahu Campur Kalasan: Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya

What do you think?

Written by virgo

Inilah 12 Wisata Pantai di Jawa Tengah Paling Populer Dikunjungi

Sertifikasi Guru Terancam Molor