in

Jaksa Agung Ingatkan Jajarannya Tak jadi Benalu di Kejaksaan

JAKARTA, METRO–Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengingatkan jajarannya untuk tidak jadi benalu di Korps Adhyaksa. Dia menekankan kepada para anggotanya untuk memegang teguh sikap integritas dan loyalitas bagi setiap insan Adhyaksa.

 “Jangan jadi benalu di dalam tubuh institusi, rapatkan barisan dan mari kita bergerak bersama memulihkan marwah korps adhyaksa yang kita cintai, apabila diantara saudara seka­lian masih ada yang ingin menjadi benalu saya tidak akan segan dan ragu untuk membasmi benalu tersebut,” kata Burhanuddin dalam keterangannya, Ming­gu (5/11).

Burhanuddin menekankan, seluruh insan Kejaksaan untuk memulihkan marwah institusi, serta meningkatkan keperca­yaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan. Dia sangat menyayangkan ma­sih menemukan ok­num-oknum, baik itu Jaksa maupun pegawai Kejaksaan yang mencoba mela­ku­kan perbuatan tercela dengan menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya.

Karena itu, Jaksa Agung mengingatkan kepada setiap kepala satuan kerja untuk memberikan keteladanan kepada seluruh jajaran, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sederhana. Serta meningkatkan pengawa­san melekat kepada setiap anggotanya.

“Karena apabila ada anggotanya yang melakukan perbuatan tercela, ma­ka akan dievaluasi hingga dua tingkat ke atasnya,” ucap Burhanuddin.

Burhanuddim mene­gas­­kan, dirinya tidak ingin melihat anak buahnya bermasalah, akan tetapi apabila perintah dan imbauan pimpinan tidak diindahkan dan tetap mencoba mencari celah untuk melakukan perbuatan tercela, maka Pimpinan tidak akan ragu untuk menindak secara tegas.

“Tindakan tegas ini terpaksa diambil karena me­nurut Jaksa Agung para jajaran pimpinan kejaksaan sudah cukup banyak memberikan peringatan, dan perlu Kepala Satuan Kerja ketahui tindakan tegas ter­sebut terbukti efektif dan mampu mencegah para pegawai lain untuk ikut-ikutan melakukan perbuatan tercela,” papar Burhanuddin.

“Saya lebih baik kehilangan satu anak buah yang tidak bisa dibina di­ban­dingkan harus mem­per­taruhkan institusi, ung­kapnya.

Burhanuddin lantas me­nyam­­paikan, saat ini trend kepercayaan masya­rakat terhadap intitusi kita telah meningkat, hal tersebut imbas dari langkah Kejaksaan dalam menangani kasus-kasus besar, mela­kukan terobosan hukum dan pencapaian kinerja yang telah ditentukan. Sehingga hal tersebut dapat dirasakan oleh mas­yarakat. Namun di sisi lain ada pihak-pihak yang tidak senang dengan pencapaian tersebut.

“Pola interaksi sosial saat ini telah bertransformasi dari yang konvensional menuju ke arah digital, dimana dunia maya merupakan suatu ekosistem yang tanpa batas dan sulit untuk dibatasi, untuk itu sudah sepatutnya kita ha­rus bijak menggunakan media sosial,” beber Bur­ha­nuddin.

Dia pun menegaskan, tidak akan pernah bosan mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk bijak dalam beraktivitas di sosial media, hindari unggahan yang bertentangan dengan kebijakan institusi pemerintah.

“Kita tidak akan pernah tahu akan ditempatkan dimana dan akan menangani kasus apa, terkait hal tersebut apabila kita me­nangani kasus yang sensitif, media sosial merupakan instrumen yang paling mudah untuk mencari informasi diri kita maupun kehidupan pribadi kita, sehingga rentan dimanfaatkan oleh pihak yang berseberangan dengan kita untuk membuat opini miring tentang diri pribadi, maupun institusi kita. Oleh karena itu bijaksanalah dalam bermedia sosial,” harap Burhanuddin.

Untuk itu Jaksa Agung mengingatkan, jajarannya yang merupakan public servant, yang mempunyai tugas melayani masya­rakat, maka sudah sepatutnya sebagai abdi negara harus memberikan contoh sikap, adab, etika serta bijak dalam menggunakan media sosial.

“Di samping itu sudah sepatutnya kita turut mensosialisasikan kebijakan pemerintah maupun institusi. Dalam pola komunikasi publik saat ini yang didominasi oleh media sosial maka Kepala Satuan Kerja di daerah adalah perpanjangan tangan pimpinan, oleh karena itu melalui Kepala Satuan Kerja di daerah Jaksa Agung berharap setiap keberhasilan dan program kerja institusi di viralkan dan dipublikasikan,” pungkas Burhanuddin. (jpg)

What do you think?

Written by virgo

WA Vanessa Angel Online Tak Lama Setelah Kecelakaan, Sahabat Vanessa Unggah Bukti dan Isi Chat

Tottenham Hotspur Ditahan Everton, Debut Antonio Conte Catatkan Rekor Buruk Klub di Liga Inggris