in

Jalan Kaki Susuri Lokasi Karhutla di Dumai, Kapolda Ikut Padamkan Api

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal turun langsung ke lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Kota Dumai, Senin (24/4/2023). Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, orang nomor satu di Korps Bhayangkara Riau ini berangkat dari Pekanbaru menuju Dumai dengan menggunakan helikopter tadi pagi.

Dari atas helikopter, Irjen Iqbal juga sempat melihat langsung kepulan asap akibat lahan yang terbakar di wilayah Dumai dan juga Kabupaten Bengkalis. Setelah mendarat, jenderal bintang dua itu langsung menyusuri lokasi dengan berjalan kaki.

“Di lokasi Bapak Kapolda bersama tim yang ada di lapangan, melakukan upaya pemadaman dan pendinginan terhadap lahan yang terbakar,” sebut Kombes Nandang kepada Riaupos.co (Jawa Pos Group).

Untuk diketahui, lahan seluas kurang lebih 10 hektare terbakar di dua wilayah di Riau. untuk wilayah Kota Dumai Karhutla terjadi di wilayah Desa Medang Kampai. Sedangkan Kabupaten Bengkalis, terletak di wilayah Desa Tanjung Leban. Diketahui wilayah ini merupakan perbatasan dari kedua daerah. “Upaya pemadaman sudah dilakukan sejak Rabu (18/5/2023) petang. Dan hari ini api sudah dapat dikendalikan dan sudah masuk tahap pendinginan,” pungkas Kombes Nandang.

Sebelumnya, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau kembali mengeluarkan informasi terkait cuaca di Bumi Lancang Kuning. Di mana terpantau melalui satelit BMKG titik panas di Kota Dumai mencapai 66 titik yang masih menyebabkan kabut asap di kawasan tersebut, Minggu (23/4/2023).

Menurut Prakirawan BMKG Pekanbaru Ahmad Agus W, berdasarkan data yang dimiliki BMKG total hot spot di Sumatera mencapai 101 yang tersebar di Bengkulu 6 titik, Jambi 3 titik, Sumatera Barat  8 titik, Sumatera Selatan 11 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Bangka Belitung 5 titik dan di Provinsi Riau yaitu di Kota Dumai mencapai 66 titik.

Tiga hot spot atau titik panas dengan level confidence tinggi terpantau oleh BMKG Pekanbaru berada di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

“Confidence adalah level kepercayaan yang artinya, semakin tinggi confidence, semakin tinggi kemungkinan titik panas adalah titik api akibat kebakaran dan dari satelit BMKG Pekanbaru titik panas di Kabupaten Medang Kampai terjadi pada pukul 01.04 WIB dengan persentase 80 hingga 100 persen,” ucapnya.(rpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Fase VII Baru Harus Jadi Solusi Pasar Raya Padang

Parfi turut berduka atas meninggalnya pesinetron Iqbal Pakula