in

Jalan ke Ladang Durian di Bukit Gaduik Ketek di Limau Manis Sudah Rancak

Bukit Gaduik Ketek merupakan kawasan ladang yang dikelola oleh hampir 30 KK di Kelurahan Limau Manis, dengan jenis tanaman Durian dan Manggis. Untuk membangun jalan ke ladang lebih kurang sepanjang 1 Km, warga membutuhkan bantuan 1.000 zak semen. Sementara untuk tambahan material lainnya, warga berpartisipasi menyumbang sesuai dengan kemampuannya.

Salah seorang warga kelompok peladang Gaduik Ketek yang ikut dalam aksi goro, Jhony Afzet, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi PT Semen Padang untuk mendukung proses betonisasi jalan Gaduik Ketek ini.

Dia juga mengatakan bahwa akses jalan ini sangat dibutuhkan warga yang akan menuju ladangnya. Karena selama ini, para para peladang harus melewati jalan berlumpur ketika hujan dan tidak bisa diakses oleh kendaraan apa pun.

“Kalau tidak berlumpur, kami para peladang bisa membawa sepeda motor menuju areal ladang kami. Tapi kalau hujan jalan ini berlumpur, sehingga sering kali kami meninggalkan sepeda motor di pinggir jalan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kebersamaan antara warga dan PT Semen Padang, betonisasi jalan bisa terwujud. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dari PT Semen Padang untuk membetonisasi jalan ini yang sebelumnya sudah dirintis para peladang, namun hanya sebatas jalan tanah dan sekarang dilanjutkan dengan dukungan PT Semen Padang melalui betonisasi jalan,” kata Jhony.

Salah Seorang tokoh masyarakat Pauh, Rafdi mengatakan, untuk melakukan betonisasi jalan ini, warga bergotong royong setiap hari Sabtu dan Minggu. Ia pun merasa bersyukur, karena tidak pernah terbayangkan sebelumnya jalan ini akan dibetonisasi oleh PT Semen Padang, sama seperti jalan menuju Bukit Aua dan Bukit Nabu yang sebelumnya sudah dibetonisasi oleh PT Semen Padang melalui program TJSL-nya.

Untuk itu, Ia berharap kepada warga untuk dapat terus mendukung keberadaan dan eksistensi PT Semen Padang, agar dapat terus memberikan manfaat yang lebih lagi bagi masyarakat. “Kita bersyukur atas pembukaan jalan ini, karena tak pernah terbayangkan sebelumnya,” kata Rafdi.

Betonisasi jalan Gaduik Ketek ini, lanjut Rafdi, adalah motivasi dari goro sebelumnya di Bukit Nabu dan Bukit Aua. “Dan, tentunya mewakili masyarakat, saya pun mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu memberikan apa yang dibutuhkan dan peduli pada masyarakat,” ujarnya. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Saksi Sebut Perhutanan Sosial Lestarikan Hutan dan Untungkan Perhutani-Petani

Lembaga Pers IPNU IPPNU Pati Bentuk Tim Instruktur Jurnalis