in

Jelajah Dan Kenali Studio Foto

Dunia fotografi kini semakin dimanjakan dengan dikeluarkannya aneka jenis kamera oleh para produsen kamera di seluruh dunia, sebut saja seperti CanonNikonKodakFuji, dll. Untuk mendukung kemudahan seseorang dalam menghasilkan gambar yang baik, ada kalanya Anda memerlukan sebuah ruangan yang dijadikan sebagai ruang kerja untuk fotografi atau yang sering disebut sebagai studio foto.
Pengertian sebuah studio foto adalah sebuah tempat yang digunakan oleh seorang fotografer untuk mengambil gambar atau foto dengan menggunakan kamera digital atau dengan mengggunakan kamera non digital untuk menghasilkan sebuah foto dengan dukungan beberapa alat bantu yang tersedia di dalam ruangan tersebut sebagai kelengkapan dari proses membuat sebuah foto itu. Piranti pendukung Sebuah Studio Foto – Beberapa contoh alat pendukung yang sering tersedia dalam sebuah studio foto baik modern ataupun yang masih kovensional, adalah :
1. Kursi – kursi ini bukan merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak, tetapi lebih kepada tergantung dari setting foto apa yang akan diambil. Jika obyek foto harus duduk, maka kursi ini dapat membantu fotografer untuk mendapatkan sudut ambil gambar/ foto dengan baik.
2. Payung – payung ini bukan bertujuan untuk pelindung hujan, tapi lebih sering berguna untuk membantu sang fotografer untuk mendapatkan efek cahaya yang sesuai dengan keinginan sang fotografer, sehingga efek pencahayaan dapat lebih terfokus maupun efek cahaya dapat tercukupi.
3. Lampu Gantung Bantu atau Lampu sorot – Lampu ini berfungsi untuk menghilangkan bayangan yang terbentuk di belakang obyek foto, karena efek lampu blitz yang biasanya datang dari depan obyek foto, pada saat pengambilan foto terjadi.
4. Background Screen atau sering juga disebut sebagai layar latar belakang – Di studio foto yang baik, biasanya layar yang digunakan sebagai background atau latar belakang sebuah obyek foto, dapat diganti ganti sesuai tema yang akan dipakai pada saat sesi pemotretan berlangsung. Ada kalanya berupa gambar yang dapat digulung dengan bantuan roda pemutar, atau terkadang berupa papan triplek yang diberi gambar tertentu atau bisa juga diberi desain lukisan abstrak sehingga akan menjadi latar belakang yang lebih hidup pada saat sebuah obyek foto diambil gambarnya.
 
5. Penambahan beberapa aksesoris pendukung, seperti sepotong tangga atau sebuah vas atau pot bunga dengan aneka hiasan yang menggambarkan sebuah taman. Tetapi penambahan variasi seperti ini sekarang sudah jarang ditemui di studio foto yang baik dan modern, karena sudah sangat jarang orang mau berfoto dengan latar belakang yang sanagt konvensional dan terkesan seperti foto jaman dahulu.
6. Untuk sebuah foto studio yang modern bahkan lantainya pun terkadang dibuat melengkung setengah melingkar seperti halnya sebuah lapangan skateboard, Hal ini kan memberi efek pada sebuah foto akan terlihat lebih natural, karena bayang yang timbul akan semakin sedikit, di samping efek ketidak meratanya cahaya dapat dihindari.

What do you think?

Written by virgo

Perluas Dunia Senimu, Ikuti Blog Fotografi!

Manfaat Dan Hikmah Jadi Seorang Jomblo