in

Jemaah Haji Jabar Bertambah 10 ribu

BANDUNG –Kuota haji asal Jawa Barat (Jabar) bertambah sekitar 10 ribu orang dibandingkan tahun 2016 lalu. “Tahun ini, pemerintah telah menetapkan kuota jemaah calon haji untuk Provinsi Jawa Barat, yaitu sebanyak 38.626 orang atau bertambah hampir 10 ribu orang dari tahun lalu sebanyak 28.888 orang,” ujar Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, Selasa (20/6).

Secara nasional, kuota jemaah calon haji asal Indonesia tahun ini bertambah sekitar 52 ribu orang sehingga seluruhnya menjadi sekitar 221 ribu orang. Penambahan ini tentunya berdampak pada teknis penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, misalnya adanya penambahan jumlah kloter. Tahun lalu jumlah kloter secara nasional sebanyak 384, sedangkan tahun ini akan menjadi 500 kloter lebih.

“Selain itu, dari informasi yang kita peroleh, jumlah Maktab Jemaah Calon Haji Indonesia juga mengalami yang cukup signifikan, yaitu dari tahun lalu hanya sekitar 50-an Maktab, tahun ini menjadi sekitar 70 Maktab,” katanya. Untuk dapat memberikan pelayanan maksimal perlu sinergi yang lebih kuat lagi antara pemerintah dan penyelenggara haji.

Jika tahun lalu hasil survei BPS menunjukkan bahwa tingkat kepuasan jemaah terhadap pelayanan haji berada di angka yang cukup baik yaitu 83 persen maka tahun ini diharapkan dapat lebih meningkat. tgh/E-3

What do you think?

Written by virgo

Waspadai ISIS Nyelip Mudik Lebaran

Subsidi Energi Diintegrasikan dalam Bansos Nontunai