in

Jokowi Lantik Lima Gubernur/Wakil Gubernur di Istana

Lima gubernur dan Wakil Gubernur akan dilantik Presiden Joko Widodo hari ini (12/5) di Istana Negara. Kepala daerah yang dilantik hari ini adalah hasil pilkada serentak lalu. Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilantik Jokowi adalah Wahidin Halim-Andhika Hazrumy (Banten), Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny (Sulawesi Barat), Erzaldi Rosman-Abdul Fatah (Bangka Belitung), dan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Papua Barat). 

Turut dilantik Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Ia dilantik untuk menggantikan Wagub sebelumnya, Arsyadjuliandi Rachman, yang menjadi Gubernur menggantikan Annas Maamun yang terjerat kasus korupsi. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kemarin mengatakan, pelantikan ini merupakan tahap pertama dari tiga tahap yang direncanakan. “Tahap kedua pada awal Juli untuk Daerah Istimewa Aceh, dan Oktober untuk DKI Jakarta,” kata Tjahjo, dilansir dari CNN Indonesia.

Pelantikan dilakukan dalam tiga tahap untuk menyesuaikan akhir masa jabatan gubernur dan wakil gubernur di masing-masing wilayah. Gubernur Banten diketahui telah habis masa baktinya pada 11 Januari 2017. Gorontalo pada 16 Januari 2017. Gubernur Sulawesi Barat demisioner sejak 14 Desember 2016 dan Gubernur Babel dan Papua Barat berakhir pada 7 Mei dan 17 Januari lalu. Ia berharap, setelah dilantik dan bertugas, Gubernur dan Wakil Gubernur bisa segera mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya memperluat otonomi daerah dengan memahami arahan Presiden.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

PT DAP Padang Tempati Kantor Baru

77 Kg Ganja Disita, 5 Bandar Ditangkap