in

Jumlah Hewan Kurban di Musala Ali Bin Said RT 07/01 PSG, Berkurang

Tak dipungkiri jumlah hewan kurban di berbagai masjid dan musala cenderung menurun pada Idul Adha 1443 H tahun 2022 ini. Pun halnya di Musala Ali Bin Said Kompleks Permata Surau Gadang (PSG), RT 07/01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Padang.

“Tahun ini kita cuma menyembelih dua sapi dan tiga kambing hewan kurban dari warga kompleks. Jumlah ini menurun dibanding tahun 2021 yang berjumlah tiga sapi dan dua kambing,” ujar Ismanzal, Ketua Panpel Kurban.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan usai Salat Idul Adha di musala, Sabtu (9/7/2022). Panitia memastikan kesehatan hewan kurban dengan surat keterangan keswan dari dinas terkait.

“Hewan kurban ini kita beli dari Pasa Usang Kabupaten Padangpariaman. Kita juga lakukan pengecekan secara kasat mata. Hewan yang kita beli dalam keadaan sehat,” kata Ketua RT 07 Okrialdi didampingi Sekretaris RT, Fitra Mulia dan Ketua Pengurus Musala Ali Bin Said, Yosnofrizal.

Yosnofrizal mengatakan, tahun ini peserta kurban membayar Rp2,4 juta. Kelompok kurban terdiri atas tujuh peserta. “Sapi kita beli ke langganan tahun lalu yakni di Pasa Usang,” ujarnya.

Untuk proses penyembelihan dan pemotongan hingga pembagian daging dilakukan swadaya. Tidak ada istilah diupahkan dalam proses kurban ini. Warga terlibat dalam proses ini.

Alhamdulillah bapak-bapak dan ibu-ibu di PSG ini kompak. Apalagi anak-anak dan remajanya, yang aktif. Ibu-ibu juga terlibat masak bersama untuk makan siang bersama setelah Zuhur,” kata Fitra Mulia.

Sebelumnya, panitia sudah membagikan kupon berstempel kepada warganya. Sebelum Zuhur masuk, proses menimbang daging sudah kelar dilakukan, dan siap untuk diserahkan kepada peserta kurban dan warga. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sapi Qurban Presiden RI Joko Widodo Untuk Masyarakat Tigo Nagari Pasaman

Jamaah Masjid Nurul Ihsan Sembelih 24 Hewan Kurban