in

Kakanwil Kemenag Sumbar Sidak Layanan Pernikahan di KUA Padang Barat

PADEK.JAWAPOS.COM-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Mahyudin inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Urusan Agama (KUA) Padang Barat, Jumat (15/12). Sidak dilakukan untuk memastikan layanan keagamaan di KUA berjalan dengan baik, khususnya dalam hal pernikahan.

Kakanwil Mahyudin langsung melihat data pencatatan nikah di KUA Padang Barat. Dia juga dialog dengan calon pengantin yang akan melakukan screening atau penasehatan perkawinan.

Mahyudin menegaskan bahwa tidak ada pungutan liar (pungli) selain yang dicatatkan secara resmi. Ia juga minta KUA bersama penghulu untuk mengerjakan tugas sesuai tupoksi, tidak ke luar dari aturan yang sudah ada.

“Aparatur Sipil Negara merupakan pembantu, kerjanya adalah melayani. KUA harus memberikan pelayanan atau membantu masyarakat dalam mendapat informasi keagamaan serta pelayanan nikah dan rujuk,” kata Kakanwil Mahyudin.

Mahyudin juga mengakui bahwa KUA sudah melakukan berbagai perubahan dan memiliki wajah baru. KUA sudah bermigrasi dan bertransformasi ke arah yang lebih baik. Melalui program Revitalisasi, KUA memberikan layanan terbaik untuk semua.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Soal Sanggahan Kelulusan Tes PPPK oleh Dua Honorer, BKPSDM Pessel Surati Kemenkes-BKN

Nevi Zuairina Bertemu Pengurus PWI Sumbar, Bahas Ketahanan Pangan