in

Kemendagri-Pertamina Ajak Bumnag di Padangpariaman Berbisnis Pertashop

Sejak Pertashop digulirkan di Sumatera Barat, jumlah peminatnya terbesar di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Dari total 773 pertashop di Region Sumbagut, pertashop di Sumbar sudah berdiri sebanyak 329 unit atau 42,5%.

“Kami mengapresiasi animo masyarakat Sumatera Barat ini,” kata Manager Retail, Aribawa, mewakili EGM Pertamina Patra Niaga Region Sumbagut, usai sosialisasi Pertashop di Padangpariaman, Jumat (10/6/2022).

Hadir Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo, Manager Retail Mor 1  Pertamina Patra Niaga Sumbagut Aribawa, Sales Area Manager Sumbar Narotama Aulia Fazri. Kalangan Pertamina Sumbar hadir Aria Aditya, Adwiaputra Arma dan Yudhistira, sedangkan bupati diwakili oleh Sekdakab Padangpariaman Rudy Repenaldi.

Yusharto menyatakan Kemendagri bersama Pertamina Patra Niaga Mor 1 Sumbagut dan Pertamina Sumbar, mengajak Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) atau Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) di Sumatera Barat, untuk membuka usaha pertashop.

Yusharto mengingatkan Pemda untuk mempermudah perizinan. Diperlukan komitmen Pemda untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Tugas Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten dapat memberikan pelayanan administrasi, fasilitasi hingga menerbitkan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

“Menerbitkan PBG setelah calon mitra pertashop membayar retribusi daerah (sesuai Peraturan Daerah masing-masing). Dalam hal pengurusan Persetujuan Bangunan Gedung disesuaikan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Yusharto.

Pemda agar mempedomani ketentuan PP Nomor 5/2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dan PP Nomor 60/2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, dalam menerapkan kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Daerah.

Yusharto memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk melakukan fasilitasi kepada DPMD Kabupaten dalam memperoleh informasi program Pertashop. Sedangkan DPMD Kabupaten diminta melakukan pembinaan pelaksanaan kegiatan kerja sama desa dalam Program Pertashop. (fjr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Permudah Komunikasi Jamaah Haji, XL Axiata Sediakan Kartu Perdana Khusus

BEM Kampus STAI Babussalam Resmi Polisikan Wabup Kepsul