in

Kemendagri Siapkan 3 Calon Pj Wako, Cek Nama-Namanya

Benni Irwan

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI), sudah menyiapkan dan mengusulkan tiga nama untuk dibahas sebagai calon Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Ketiga nama itu disiapkan untuk mengisi kursi kepemimpinan Payakumbuh, setelah pasangan kepala daerah saat ini, Riza Falepi-Erwin Yunaz, mengakhiri masa jabatan mereka pada 23 September 2022.

”Kemendagri sudah menyiapkan dan mengusulkan 3 nama untuk dibahas sebagai calon Pj. Wali Kota Payakumbuh. Sebagaimana halnya DPRD Kota Payakumbuh dan Gubernur Sumbar,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benni Irwan, menjawab pertanyaan Padang Ekspres, Senin sore (29/8).

Seperti disampaikan Benni Irwan, sebelum Kemendagri menyiapkan dan mengusulkan tiga nama untuk dibahas sebagai calon Pj Wali Kota Payakumbuh. Gubernur Sumbar dan DPRD Payakumbuh masing-masing juga mengusulkan 3 nama calon Pj Wali Kota Payakumbuh.

Ketiga nama yang diusulkan DPRD Payakumbuh adalah Rida Ananda (Sekko Payakumbuh), Dafrul Pasi (Asisten I Setdako Payakumbuh), dan Yon Refli (Sekretaris DPRD Payakumbuh). “Ketiganya diusulkan berdasarkan rapat paripurna DPRD,” kata Hamdi Agus, Ketua DPRD Payakumbuh secara terpisah.

Sedangkan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah kepada wartawan saat datang melayat ke rumah orangtua Komisaris Semen Padang Khairul Jasmi, mengakui, sudah mengusulkan tiga nama sebagai calon Pj Wali Kota. Ketiga nama itu, seperti disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo kepada Padang Ekspres, masih dirahasiakan.

Meski demikian, sumber terpercaya Padang Ekspres di kantor Gubernur Sumbar menyebutkan, ketiga nama yang diusulkan Gubernur sebagai calon Pj Wali Kota Payakumbuh berasal dari lingkungan Pemprov Sumbar dan Pemko Payakumbuh.

Mereka adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Ahmad Zakri Dt Patiah Nan Mudo, Kepala Dinas Sosial Sumbar Arry Yuswandi, dan Sekko Payakumbuh Rida Ananda.

Sementara, untuk tiga nama yang disiapkan dan diusulkan Kemendagri sebagai calon Pj Wali Kota Payakumbuh, belum diketahui identitasnya. Kapuspen Kemendagri Benni Irwan yang asli urang awak asal Payakumbuh, saat ditanya Padang Ekspres juga belum memberi bocoran.

”Untuk nama-nama yang diusulkan (sebagai calon Pj Wali Kota Payakumbuh), saya belum terinformasi. Saya yakin, Payakumbuh akan mendapatkan Pj Wali Kota yang terbaik,” kata Benni Irwan yang tercatat sebagai alumni SMPN 1 Payakumbuh.

Meski belum menyebutkan identitas tiga calon Pj Wali Kota yang diusulkan dan disiapkan Kemendagri, namun Benni Irwan memastikan, Kemendagri sudah membahas nama-nama seluruh calon Pj Wali Kota Payakumbuh. Baik yang diusulkan oleh DPRD Payakumbuh, Gubernur Sumbar, maupun dari Kemendagri sendiri.

”Dari nama-nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Payakumbuh, Gubernur Sumbar dan Kemendagri tersebut, sudah dilakukan pembahasan awal oleh Pejabat Eselon 1 Kementerian dan Lembaga Terkait. Selanjutnya, akan dilakukan pembahasan akhir sebelum ditetapkan,” kata Benni Irwan.

Lantas, benarkah nama Benni Irwan juga termasuk salah satu calon Pj Wali Kota Payakumbuh yang diusulkan Kemendagri, sebagaimana kabar yang santer terdengar di Payakumbuh dalam dua pekan terakhir ini? Terkait hal tersebu, Benni Irwan mengaku belum tahu. “Belum tahu dengan itu Adinda,” tulis Benni lewat pesan WhatsApp yang bersahaja.

Terlepas dari itu semua, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang sudah menjabat dua periode berturut-turut, berharap Kemendagri memberikan calon Pj Wali yang terbaik buat Payakumbuh.

”Kita berharap, Kemendagri memberikan yang terbaik buat Payakumbuh. Pj Wako yang tahu dengan Payakumbuh. Bukan Pj Wako yang cari makan di Payakumbuh. Karena kalau cari makan di Payakumbuh, orang Payakumbuh itu kritis-kritis loh,” kata Riza.

Mantan senator Sumbar di DPRD ini juga berharap, Pj Wako Payakumbuh nantinya, bisa mengayomi warga. “Yang mau membangun dan mengayomi rakyat Payakumbuh. Yang bisa mengerti rakyat Payakumbuh. Walaupun buruh proses,” kata Riza Falepi. (frv)

What do you think?

Written by Julliana Elora

GURU BIASA, LUAR BIASA, ATAU PENGGERAK ?

Polisi Gagalkan Dua Pelaku Penjual BBM Subsidi