in

Kenali 5 macam pukulan dalam bulu tangkis

Jakarta (ANTARA) –

Bulu tangkis adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau lebih menggunakan alat yaitu raket dan kok di lapangan yang di pisahkan oleh net.

Salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh setiap pemain adalah macam-macam pukulan dalam bulu tangkis. Tanpa menguasai pukulan yang tepat, pemain tidak dapat mencetak poin.

Masing-masing pukulan memiliki teknik dan tujuan tertentu dalam menyerang lawan. Jika dilakukan dengan benar, dapat memberikan kemenangan dalam pertandingan.

Berikut adalah 5 macam pukulan dalam bulu tangkis yang perlu ketahui untuk menguasai olahraga ini.

1. Servis
 

Pukulan servis merupakan pukulan pertama yang biasa dilakukan untuk memulai permainan bulu tangkis.

Terdapat dua jenis servis dalam bulu tangkis, yaitu servis pendek dan servis panjang. Servis pendek biasa digunakan dalam permainan ganda, sedangkan servis panjang lebih sering digunakan dalam permainan tunggal.

Dalam servis, pukulan dilakukan dengan dua cara yakni forehand dan backhand. Forehand merupakan pukulan servis yang dilakukan dari arah belakang sebelah kanan, sedangkan backhand merupakan pukulan servis yang dilakukan berlawanan dari arah samping sebelah kiri. Tujuannya agar pukulan kok melambung pendek dan jatuh dekat garis net lawan.

2. Lob
 

Pukulan lob adalah pukulan yang dilakukan untuk memukul kok dengan tinggi dan jauh ke area belakang lapangan lawan. Pukulan ini dapat menjadi kesempatan bagi pemain untuk mempersiapkan serangan berikutnya atau mengatur posisi dalam permainan.

Pukulan ini dilakukan dengan badan berdiri tegak dan rileks, posisikan kok di depan badan dan memukul kok ke arah depan atas dengan kekuatan maksimal serta tepat sasaran.

3. Drive
 

Pukulan drive adalah pukulan cepat, datar, dan lurus ke depan agar kok jatuh dekat di net area lawan. Pukulan ini digunakan untuk menyerang dan menekan lawan dari sisi kanan atau kiri, dengan tujuan membuat lawan kesulitan mengembalikan kok.

4. Smash
​​​​​​​

Pukulan smash adalah pukulan keras dan tajam yang dilakukan dengan tujuan langsung mencetak poin. Pukulan ini biasanya dilakukan dari posisi atas dan diarahkan ke bawah dengan cepat.

Pukulan smash memerlukan kekuatan bahu, otot, lengan dan kecepatan yang tinggi, serta ketepatan dalam memukul kok. Smash dapat dilakukan dengan posisi berdiri tegak atau lompat (jumping smash).

5. Netting
​​​​​​​

Pukulan netting adalah pukulan halus yang dilakukan agar kok jatuh dekat dengan net lawan. Posisi pemain berada di dekat net yang memukul kok dengan pelan dan tipis agar lawan tidak memiliki kesempatan untuk menyerang.

Pukulan netting mesti memiliki ketepatan dalam posisi raket, kok, dan pukulan yang cermat serta tepat sasaran sehingga menciptakan poin.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lirik lagu “Restoe Boemi” oleh Dewa 19

Kamis (12/9) besok, Bawaslu Empat Lawang gelar musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada 2024