in

Kiprah Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang

Bikin Pesta untuk Penggemar One Piece

Mereka punya hobi yang sama, yakni suka komik-komik asal Jepang. Akhirnya membentuk komunitas, dinamai Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang (KOPI-RP). Komunitas ini terbentuk sejak 15 Maret 2013. Saat ini anggotanya telah mencapai puluhan orang berasal dari semua kalangan. 

Mulai siswa, mahasiswa, karyawan bahkan pengangguran pun ada. Namun yang masih aktif sampai saat ini hanya 20 orang. “One Piece itu pada awalnya merupakan sebuah serial komik Jepang (manga) yang kemudian mendapatkan serialisasi animasinya. 

Berawal dari beberapa orang yang sama-sama menyukai One Piece tersebut, kami membentuk Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang (KOPI-RP) dan saat ini komunitas ini masih aktif dan sering berkumpul,” kata Kapten KOPI-RP Alfi Rahmadhani, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Dhani, sapaan akrab dari Alfi Rahmadhani mengatakan, ia telah menyukai animasi One Piece semenjak 17 tahun yang lalu. Sewaktu ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Alasannya menyukasi serial anime Jepang ini karena karakter masing-masing One Piece sangat unik. Ceritanya juga sangat menarik untuk diikuti.

“Saya suka One Piece sejak awal tayang di televisi Indonesia, saat itu saya masih SD. Saya menyukai One Piece dari karakter dan ceritanya yang seru dan sangat menarik,” terangnya. 

Tidak hanya sekadar menyukai serial televisi atau komik One Piece saja. Mereka juga memiliki koleksi mengenai One Piece tersebut dari komik cetak, action figure One Piece tersebut sampai ke kaos yang bergambarkan atau bertuliskan one piece.

Setiap bulannya para anggota komunitas ini selalu mengadakan kopi darat (kopdar). Seperti gathering di kafe-kafe yang berada di Kota Padang. Dalam acara kopdar tersebut mereka saling bercerita, dan sharing mengenai One Piece kegemaran mereka.

“Saat kopdar juga dijadikan ajang curhat bagi masing-masing anggota. Tidak itu saja kami juga main game bersama dan makan bersama tapi bayarnya sendiri-sendiri,” ujar Ican anggota Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang lainnya. 

Tidak hanya itu, para anggota Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang juga sering datang ke iven Jepang dan iven komunitas. Kadang mereka juga ikut berpartisipasi sebagai pengisi acara di iven tersebut.

Dalam waktu dekat, Komunitas One Piece Indonesia Regional Padang ini akan mengadakan pesta bagi para penggemar One Piece di Kota Padang. “Kami saat ini tengah merencanakan membuat event besar atau semacam pesta bagi penyuka dan penggemar One Piece se-Kota Padang,” terang Dhani. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Privatisasi BUMN: Saham untuk Publik

Ketika Dana Umat Diselewengkan