in

Komisi I Hadapi Banyak Kendala, Tinjau Pelayanan Publik Tingkat Kecamatan

BERDIALOG: Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Agam sedang diskusi dengan camat terkait kendala yang ditemui di lapangan, Kamis (22/9).(IST)

Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Kabupaten Agam berkunjung ke sejumlah kecamatan di kabupaten itu. Kunjungan itu untuk memonitor sejauh mana implementasi pelayanan publik yang dilaksanakan di tingkat kecamatan.

Kunjungan itu dipimpin Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Agam Aderia, didampingi Wakil Ketua Komisi Ridwan Suhaili, Sekretaris Komisi Muhammad Ater, anggota Komisi I dan lainnya.

Ketua Komisi I DPRD Agam, Aderia mengatakan, ada tiga kecamatan yang menjadi sasaran kunjungan Komisi I dalam rangka meninjau penyelanggaraan pelayanan publik. Tiga kecamatan itu yakni, Kecamatan Banuhampu, Sungaipua dan Ampekangkek.

“Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di kecamatan terutama terkait dengan pelayanan publik seperti, perekaman KTP, pengurusan KK dan lainnya,” kata Aderia, kemarin (22/9).

Ia menjelaskan, agenda kunjungan ke kecamatan itu berlangsung selama 3 hari yang telah dimulai sejak 20 September lalu. Hasil kunjungan ke tiga kecamatan itu kata dia, pihaknya mendapati beberapa kendala terkait dengan pelayanan publik.

Adapun kendala itu yakni, sarana dan prasana kantor camat yang kurang memadai dan terbatasnya sumber daya manusia (SDM) yang memberikan pelayanan. Diyakini, kendala itu telah mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

“Aparatur di tiga kecamatan itu juga menyampaikan aspirasi mereka agar diberi pelatihan, semacam peningkatan kapasitas pegawai. Kami nilai ini sangat penting karena menyangkut pelayanan supaya masyarakat dapat lebih nyaman dan mudah mengakses layanan publik di tingkat kecamatan ke depannya,” sebut Aderia.

Ia menekankan, seluruh masukan dan aspirasi dari kecamatan itu bakal disampaikan saat pertemuan dengan mitra kerja. “Kita sampaikan saat rapat dengan mitra kerja nanti,” katanya. (ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

7 Rekomendasi Aplikasi Pencari Jodoh Dating 2022

Pengelolaan Gerbang Harus Profesional, Antisipasi Pungli Pengunjung!