in

Kongres Desak Biden Tunda Jual Senjata ke Israel

PROHABA.CO – Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Amerika Serikat mendesak Presiden Joe Biden menunda penjualan bom mutakhir senilai Rp 10,5 triliun kepada Israel.

Dilansir Middle East Eye yang mengutip The Hill, Rabu (19/5/2021), fraksi Demokrat menggelar rapat virtual membahas rencana penjualan senjata itu.

Menurut Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri DPR AS, Gregory Meeks, dia tidak menyadari rencana penjualan senjata canggih itu dan akan mengirim surat kepada Gedung Putih untuk mengajukan penundaan.

Menurut salah satu anggota komisi dari Partai Demokrat, Ilhan Omar, jika rencana penjualan senjata itu dilanjutkan, maka pemerintahan Biden dinilai tidak peka terhadap situasi kekerasan yang saat ini terjadi terhadap warga sipil di Israel dan Palestina.

“Amerika Serikat tidak boleh diam saja melihat kejahatan kemanusiaan yang dilakukan dengan bantuan kita,” kata Omar.

Anggota fraksi Demokrat lainnya, Alexandra Ocasio-Cortez, mengatakan dalam rapat itu Israel adalah negara apartheid, karena perlakuan buruk terhadap rakyat Palestina.

“Presiden dan sejumlah tokoh pada pekan ini mengatakan Israel berhak mempertahankan diri.

Baca juga: Israel Miliki Kubah Besi Penangkal Roket

Namun, apakah rakyat Palestina punya hak untuk hidup? Apakah kita meyakini hal itu? Jika iya, maka kita harus bertanggung jawab terhadap hal itu,” kata Cortez.

Sedangkan Senator dari fraksi Demokrat, Bernie Sanders, mendesak pemerintahan Biden kembali mempertimbangkan kucuran bantuan militer bagi Israel yang nilainya mencapai US$3.8 miliar (sekitar Rp 54,3 triliun) dan diberikan setiap tahun.

Senjata canggih yang akan dijual AS adalah jenis Amunisi Serang Langsung Gabungan (JDAM) buatan Boeing.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Saksi Merasa Tertekan

Via Vallen Ungkap Arti Namanya