in

Kota P.Sidimpuan Darurat Covid 19

PADANGSIDIMPUAN (Berita): Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Eefendi Nasution SH, mengatakan daerahnya saat ini dinyatakan sebagai Darurat Corona Virus Desease (Covid-19), 46 kontak erat dengan PDP 01 yang menghembuskan nafas terakhir kemarin.

Kenaikan status dari Siaga kepada status Darurat akibat bertambahnya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan.

Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Eefendi Nasution SH (Ketua Gugus Tugas Covid-19) menyatakan kenaikan status itu pada konfrensi pers bersama Kapolres AKBP Juliani Prihartini, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Danyon 123/RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Minggu (5/4) malam.

“Kami ucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya saudari kita PDP 01 saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik dan telah dimakamkan di Medan. Semoga ditempat di tempat yang sebaik-bainya dan keluarga diberikan ketabahan,” ujar Irsan.

Kata Irsan,  setelah PDP 01 dirawat di ruang isolasi RSUD Padangsidimpuan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) C0VID-19 langsung menjaring dan memetakan siapa saja yang sempat berinteraksi dengannya, sehingga Status mereka ditetapakan sebagai Kontak Erat.

Sampai dengan pukul 18.00, Minggu (5/4), tim menemukan 49 Kontak Erat dan semuanya sudah melakukan isolasi. Dari 49 Kontak Erat yang sebelumnya berinteraksi dengan PDP 01 itu, dua diantaranya berdomisili di Kab. Tapanuli Selatan. 

TGPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan sudah meneruskan informasi ini kepada TGPP Covid-19 Tapsel. Sedangkan satu Kontak Erat dari PDP 01 telah ditingkatkan statusnya menjadi PDP 02 dan telah menajalani isolasi di RSUD Sidimpuan sejak Minggu (5/4) siang.

“PDP 02 ini merupakan Kontak Erat nomor ke 28 dari PDP 01. Keputusan tim medis RSUD Padangsidimpuan untuk mengisolasinya, secara klinis, saya tidak berkompoten menjelaskannya. Tetapi saya yakin tim dokter COVID-19 telah bekerja profesional sesuai protokol yang diatur dalam Protap Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus,” kata Irsan.

Selanjutnya kepada orang-orang yang sudah sempat berinteraksi dengan PDP 02 ini, TGPP sedang menjaring dan memetakannya, guna pelaksanaan ketentuan isolasi selama 14 hari.

Hingga perkembangan ini dan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TGPP telah melakukan penjagaan terhadap 46 Kontak Erat PDP 01 yang bertempat tingg di Kota Padangsidimpuan dengan melibatkan TNI dan Polri.

“Penting untuk kita ketahui bersama, malam ini,TGPP juga akan menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga Kontak Erat yang menjalani isolasi selama 14 hari sesuai Protap Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus” ujarnya

Guna menghindari kabar dan berita hoax di tengah masyarakat, TGPP menambah layanan saluran informasi lewat: WhatsApp (WA) di nomor 0852-6178-5573,
Facebook (FB) gugus tugas Padangsidimpuan, Instagram (IG) di @gugus tugas Padangsidimpuan, Call Centre tambahan dari yang sudah ada dengan nomor 0852-6178-5573.(rem)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kurikulum Harus Lebih Mendalami Kompetensi

10 TKl Dari Malaysia Diperiksa Di Pelabuhan Bagan Asahan