in

Kualitas Guru Menentukan Karakter Anak Didik

Foto: Masrian Mizani/aceHTrend

ACEHTREND.CO, Tapaktuan – Bupati Aceh Selatan, HT. Sama Indra, SH menyebutkan, peningkatan kualiatas guru sangat diperlukan untuk memaksimalkan proses pendidikan karakter anak sejak dini. Menurutnya, secanggih apapun kurikulumnya, jika tanpa diiringi dengan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran, maka kualitas pendidikan Indonesia mustahil diperbaiki.

Sama Indra menambahkan, guru yang penuh cinta, memiliki gaya komunikasi positif, kreatif dan menyenangkan akan sangat efektif dalam menanamkan karakter kepada anak. Hal tersebut diungkapkan Sama Indra, Kamis (8/2/2018) pada acara pelatihan akbar guru PAUD Se Aceh Selatan di Gedung Rumoh Agam, Jln. Nyak Adam Kamil, Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan.

“Melalui pelatihan ini kita berharap agar pendidikan karakter mampu ditanamkan sedini mungkin, agar bangsa Indonesia memiliki etos kerja yang tinggi, tanggung jawab, dan disiplin. Maka untuk itulah guru sebagai agen perubahan, harus menjiwai karakter unggul yang akan ditanamkan secara holistik kepada anak-anak didik secara teladan,” ungkap Sama Indra.

Maka dari itu dirinya mengajak para guru PAUD Aceh Selatan untuk menanamkan pendidikan yang berkarakter, sebab pendidikan itu menjadi satu kunci untuk melahirkan para generasi bangsa yang baik dan cerdas, sebab peranan guru penting demi menentukan masa depan anak-anak bangsa yang berkarakter.

“Kecerdasan itu sangat diperlukan, tapi bila tidak di seimbangkan dengan budi pekerti yang baik, dengan nilai karakter yang baik, tidak ada gunanya. Bukan hanya masalah kecerdasan, tapi dibutuhkan karakter unggul, pribadi-pribadi unggul yang pantang menyerah, sebab dunia pendidikan menuntut adanya pendidikan yang mengedepankan karakter yang berkualitas, sehingga harus dimulai dari kualitas guru yang harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sama Indra menambahkan, jika anak-anak sudah dewasa, pintar, cerdas, tetapi tidak memiliki karakter, sangat sulit negara ini mengendalikan, mengelola orang-orang dengan karakter-karakter yang menyimpang.

“Dan itu menjadi tugas berat bagi guru dalam menyiapkan kader-kader bangsa ke depan, bagaimana mendidik anak-anak kita agar memiliki karakter yang dermawan, suka menolong, bisa bekerja sama, serta mampu membangun bangsa ini demi mewujudkan insan berkarakter mulia yang konsisten antara pikiran, hati dan tindakan nyata. Maka kami berharap, para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan seksama, agar ilmu yang didapat dari kegiatan ini dapat diimplementasikan di lingkungan PAUD masing-masing,” harap Sama Indra.

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gempa 5,3 SR Rusak Sejumlah Bangunan di Geumpang

Pers Diingatkan Kesejarahan Tokoh Adinegoro